Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Agar Terlihat Menarik

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Agar Terlihat Menarik - Menentukan warna cat untuk hunian kesayangan memang susah-susah gampang. Mungkin jika hanya memilih satu warna bisa dibilang pekerjaan mudah. Namun lain halnya jika menentukan kombinasi pas untuk hunian idaman. Itulah mengapa perlu kiat khusus mengetahui tips memilih kombinasi warna cat rumah yang tepat dan menarik:
GoffyTips
Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Agar Terlihat Menarik

Tips Awal Sebelum Mengkombinasikan Warna

Sebelum lebih jauh, ada baiknya menelaah tentang tujuan dari kombinasi cat sebuah rumah. Mungkinkah hanya untuk penyeimbang atau dominasi si pemilik belaka? Berdasar penelitian, warna ternyata mampu meningkatkan antusiasme seseorang. Selain itu, warna juga mempengaruhi konsekuensi bawah sadar kondisi seseorang baik fisik maupun psikologis. Berikut beberapa tips awal yang tidak dapat diabaikan:

1. Memilih Warna Bernuansa Berbeda

Pada dasarnya warna telah dikelompokkan menjadi dua varian yang berbeda, yakni yang memiliki nuansa dingin dan hangat. Menggabungkan kedua varian yang berbeda menghasilkan kombinasi harmonis. Seperti memasangkan warna netral dengan kesan hangat seperti krem, coklat yang dipadukan dengan warna biru ataupun orange.

2. Memilih Warna Pelengkap

Guna memberikan detail cantik pada sebuah ruangan, biasanya perlu ditambahkan warna yang berseberangan namun memiliki fungsi pelengkap. Salah satu yang paling populer adalah palet warna coral seperti biru tosca maupun hijau.

3. Memberikan Sentuhan Monochrome

Warna monochrome tidak hanya soal hitam dan putih. Bisa juga menggunakan tone warna berbeda atau bertolak belakang yang menyajikan kesan futuristic untuk sebuah ruangan. Memilih warna rona sama namun dalam tone berbeda bisa menjadi pilihan tepat. Contohnya saja paduan antara biru pastel dengan biru tua, atau biru muda dengan navy.

Rekomendasi Kombinasi Warna Menarik Untuk Cat Rumah

Jika masih ragu, inilah sekilas gambaran mengenai kombinasi warna yang bisa dicoba untuk diaplikasikan pada tempat hunian. Daripada bingung dan penasaran, langsung saja berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Soft Pink dan Turquoise

Pemilihan kombinasi warna ini dinilai cukup berani, warna pink yang terkesan lembut sangat menarik jika dipadukan dengan warna turquoise. Trend cat rumah dengan warna ini memberikan tampilan yang cerah dengan kesan anak muda. Cat warna ini dapat diaplikasikan untuk berbagai ruangan.

2. Merah dan Hitam

Banyak orang berkata jika warna merah dan hitam merupakan warna klasik. Namun jika kedua warna ini dipadukan akan memunculkan kesan warna yang kuat dan berani. Tidak hanya itu, memberikan sentuhan warna lain seperti putih pada beberapa aksen seperti pintu serta jendela nyatanya mampu menyempurnakan warna itu sendiri.

3. Charcoal dan Lime

Jika ingin memiliki hunian yang modern tiada salahnya jika mencoba kombinasi warna lime dan charcoal. Warna ini dinilai sangat pas bagi keluarga yang ingin menonjolkan kesan elegan dengan sentuhan gaya modern. Jika dilihat sekilas, paduan warna lime dan charcoal membuat siapapun tertarik melirik.

4. Warna Krem dan Coklat

Warna krem dan coklat bisa menjadi jawaban mengenai tips memilih kombinasi warna cat rumah yang tepat. Perpaduan terlihat pas jika menggabungkan warna coklat dengan krem. Gabungan warna ini cocok untuk keluarga yang ingin menampilkan kesan sederhana.

Terlebih jika sinar matahari bisa masuk mengisi ruangan. Maka warna ini akan terlihat lebih cerah dan segar. Oleh karenanya, penghuni rumah akan nyaman kala beraktivitas di dalam rumah sepanjang hari.

Sebagian besar orang tidak begitu pandai mengkombinasikan warna cat untuk rumah. Namun setelah membaca beberapa tips memilih kombinasi warna cat rumah seperti yang diurai di atas, kini pekerjaan mencari warna atng pas tidak lagi masalah besar. Semoga ulasan ini memberikan manfaat untuk para pembaca.
LihatTutupKomentar