Cara Menata Halaman Rumah yang Luas dengan Beberapa Sentuhan

Cara Menata Halaman Rumah yang Luas dengan Beberapa Sentuhan - Menata halaman bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk melepas penat. Terlebih bagi sebagian besar orang yang hobi bertanam. Selain halaman yang berukuran sempit ada pula cara menata halaman rumah yang luas.
GoffyTips
Cara Menata Halaman Rumah yang Luas dengan Beberapa Sentuhan
Terkadang memang butuh inspirasi khusus untuk menata sebuah halaman yang luas. Apalagi saat bicara mengenai perawatan yang cenderung lebih merepotkan. Beruntungnya pada pembahasan kali ini akan merangkum beberapa cara agar halaman terlihat menarik :

1. Menambahkan Rerumputan

Rumput sangat identik dengan taman dan halaman. Rasanya kurang pas jika sebuah halaman tidak ditumbuhi rerumputan. Selain memberikan kesan asri, adanya rerumputan juga bermanfaat untuk mencegah penguapan dari sinar matahari. Tidak hanya itu, rumput ternyata mampu menyuburkan tanah sekitar halaman.

2. Menambahkan Berbagai Macam Tanaman

Halaman yang luas tidak sempurna jika tidak menambahkan berbagai macam tanaman. Ada banyak tanaman yang bisa diaplikasikan pada taman yang luas. Salah satunya adalah tumbuhan tropis. Selain itu bisa juga menanam bunga melati, bunga sepatu, aglaonema serta pepohonan seperti pohon palem. Agar lebih menarik, dapat menambahkan beberapa tanaman di pot.

3. Memberikan Akses Jalan

Cara menata halaman rumah yang luas dapat disiasati dengan memberikan akses jalan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, halaman luas memerlukan perawatan yang lebih intens. Jadi akses jalan yang dibuat memiliki fungsi untuk tempat berjalan ataupun saat ingin menyiram tanaman.

4. Membuat Tempat Bermain Untuk Anak

Area yang luas dapat pula dimanfaatkan untuk membuat taman bermain untuk anak-anak. Selain menambah estetika sebuah halaman, anak-anak juga akan nyaman bermain di area lapang. Tidak hanya itu, cara lainnya juga bisa dengan membuat kolam renang mini yang tidak dalam dan tidak berbahaya bagi anak.

5. Menambah Estetika dengan Membuat Air Mancur

Keasrian suasana akan semakin tergambar jika menambahkan hiasan lain seperti membuat air mancur bertingkat. Suara gemericik yang dihasilkan dari percikan air mancur mampu memberikan ketenangan bagi para penghuninya. Tidak lupa tambahkan juga beberapa ikan hias di bawahnya agar semakin lebih menarik.

6. Mengatur Pencahayaan

Cara menata halaman rumah yang luas berikutnya ada yakni dengan mengatur masalah pencahayaan. Pencahayaan menjadi faktor penting untuk menghidupkan sebuah halaman terlebih saat malam hari. Suasana yang dihasilkan di malam hari sangat bergantung dari efek yang dipancarkan oleh cahaya lampu.

Alangkah baiknya memilih titik tertentu yang tepat untuk menentukan penempatan lampu. Kemudian sempurnakan gradasi warna lampu dengan konsep halaman yang diusung. Apabila ingin menonjolkan kesan ceria bisa memilih warna yang terang, namun jika ingin ketenangan di malam hari bisa menggunakan lampu dengan pencahayaan sedang.

7. Membuat Dek Kayu Untuk Bersantai

Rumah yang dilengkapi dengan halaman luas biasanya memiliki dek kayu. Area yang cukup luas pasti sangat menyenangkan jika bersantai di dek kayu dikala siang hari. Tidak lupa pula lengkapi hiasan halaman luas dengan menempatkan meja beserta kursinya. Pilih meja yang berbentuk bunda agar lebih elegan dan tidak memakan tempat.

Terkadang tidak hanya lahan sempit yang cukup merepotkan dalam hal penataanya. Bahkan halaman luas juga memerlukan beberapa dekorasi agar terlihat sempurna. Cara menata halaman rumah yang luas di atas bisa menjadi referensi agar lahan yang luas tidak diabaikan begitu saja namun, disulap menjadi tempat menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.
LihatTutupKomentar