Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Lapang

Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Lapang - Tentu banyak orang paham apabila ruang tamu merupakan bagian rumah yang cukup vital. Tidak hanya berfungsi untuk menerima tamu, ruangan ini juga menjadi pemandangan pertama kali ketika memasuki rumah. Lalu, bagaimanakah cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil? Pertanyaan serupa kerap terlontar seiring banyaknya orang yang memiliki lahan terbatas untuk dijadikan ruang tamu.
GoffyTips
Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Lapang
Menata ruang tamu yang cenderung sempit menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi setiap keluarga. Pasalnya, pemilik rumah harus pandai mendesain agar ruang tamu terkesan luas meski sebenarnya cukup sempit. Salah satu yang diperhitungkan yakni pemilihan sofa. Berikut beberapa cara menentukan sofa yang cocok untuk ruang yang berukuran kecil:

1. Memilih Sofa dengan Warna Soft

Ketika memikirkan cara agar ruangan yang sempit terlihat lebih lega, maka cara yang tepat adalah dengan memilih warna sofa dengan warna lembut. Warna yang terkesan lembut seperti putih, abu-abu muda maupun krem ternyata mampu menciptakan ilusi ruangan terlihat luas.

Tidak hanya itu, suasana ruangan juga akan terasa lebih tenang meskipun ruangan berada dalam area terbatas. Sebaiknya, hindari menggunakan warna gelap maupun warna yang terlalu terang. Selain memberikan efek sempit, warna-warna ini akan menciptakan suasana yang lebih terasa penuh atau pengap.

2. Memilih Sofa Tanpa Motif Alias Polos

Tidak hanya bicara dari segi warna saja, motif sebuah sofa ternyata memberikan dampak tersendiri. Bagi yang memiliki ruang tamu cenderung lebih kecil, disarankan untuk memilih sofa polos tanpa motif. Sofa tidak bermotif atau polos dapat memberikan suasana lebih lega dibanding dengan sofa bermotif yang akan malah menambah ruangan semakin penuh.

3. Menggunakan Sofa Multifungsi Menjadi Solusi Tepat

Ada beragam kreasi sofa hadir untuk keluarga Indonesia. Untuk menyiasati ruangan yang kecil bisa juga menggunakan sofa multifungsi. Contohnya seperti sofa yang bisa dilipat serta minim penyimpanan. Selain itu, sofa yang memiliki banyak fungsi juga dapat dimanfaatkan untuk media penyimpanan lainnya.

4. Letakkan Sofa Berbentuk “L”

Cara berikutnya adalah dengan memilih sofa yang mirip dengan abjad. Adapun sofa berbentuk “L” bisa jadi solusi berikutnya. Sofa bentuk ini mampu memberikan kesan terbuka pada ruangan, sehingga ruangan terasa lebih lapang. Selain itu, bentuk “L” memiliki fungsi yang tidak kalah penting yakni untuk berbaring atau sekedar bermalas meregangkan kaki.

5. Gunakan Sofa Desain Minimalis

Apabila tidak ingin menggunakan sofa multifungsi, cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil juga bisa diakali dengan menggunakan sofa berdesain minimalis. Desain minimalis nyatanya tidak begitu mempengaruhi kenyamanan penggunanya. Seperti contohnya membeli sofa berukuran kecil dan ramping.

6. Manfaatkan Sofa Modular

Selain beberapa cara di atas cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil bisa memanfaatkan penggunaan sofa modular. Sofa modular sendiri merupakan sebuah inovasi sofa yang dapat digabung dan dipisah sesuai keinginan. Melalui model sofa ini, pemilik rumah bisa berkreasi ke bermacam bentuk tempat duduk nyaman sesuai kebutuhan. Sofa model ini sangat fleksibel dan mudah ditempatkan dimana saja, seperti di area sudut ataupun di bagian tengah. Terlebih ada beragam warna sofa modular yang bisa dipadu padankan untuk disesuaikan dengan kreasi masing-masing.

Terlepas dari beragam sofa yang ada, kenyamanan pengguna adalah prioritas. Jadi selain memperhatikan penempatan serta model sofa untuk ruangan sempit, sofa yang dipilih juga harus berkualitas baik. Selain nyaman, produk sofa dengan kualitas baik juga lebih tahan lama. Itulah uraian cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil untuk dikreasikan di rumah.
LihatTutupKomentar