Cara Menata Ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Keluarga dengan Mudah

Cara Menata Ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Keluarga dengan Mudah - Banyak orang yang cenderung merasa bingung ketika menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Walaupun merasa bingung banyak orang yang tetap memilih menyatukan dua ruang sekaligus layaknya ruang tamu serta ruang keluarga sehingga, tidak sedikit pula yang salah dalam penataannya. Adapun penataan yang salah inilah yang menyebabkan rumah terlihat semakin sempit.
GoffyTips
Photo by Ashley Byrd on Unsplash
Jika di telaah lebih dalam, ruang keluarga seharusnya menjadi ruang resmi yang khusus untuk keluarga. Namun karena keterbatasan inilah yang terkadang membuat banyak keluarga harus menyatukan kedua ruangan tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar rumah terlihat lebih menarik:

1. Memberi Pembatas

Memberi pembatas bisa menjadi cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Adapun yang dimaksud pembatas ini bisa berupa kabinet yang terbuat dari kayu maupun rotan. Pertimbangkan juga untuk membuat ruangan senyaman mungkin. Jadi, saat ada tamu yang datang tidak akan mengganggu anggota keluarga lainnya.

2. Menentukan Model Sofa Yang Tepat

Memiliki rumah terbatas menjadi “PR” tersendiri bagi si pemilik ruang. Oleh karenanya, harus pintar dalam menerapkan serta menata agar setiap ruang dapat dimanfaatkan sehingga terlihat lebih luas. Salah satu yang harus diperhatikan pada rumah dengan lahan terbatas adalah pemilihan sofa. Model sofa menjadi faktor penentu agar ruang terlihat menarik.

Model serta ukuran sofa bisa disesuaikan dengan ruang keluarga dan ruang tamu. Jika terpaksa menyatukan dua ruang menjadi satu seperti ruang tamu dan ruang keluarga maka, harus memilih sofa yang berukuran sedang. Tidak besar, tidak pula terlalu kecil. Contohnya menerapkan konsep sederhana yang klasik namun masih terdapat sentuhan modern.

3. Mengatur Perlengkapan Menghadap Ke Dinding

Pada ruangan yang berbentuk memanjang, bisa diterapkan dengan mengatur berbagai furniture yang menghadap ke dinding. Melalui penataan ini maka ruangan akan terlihat sedikit lebih lega. Seperti penempatan tv yang dipasang pada tembok.

4. Menentukan Warna Yang Tepat

Warna ternyata mampu memberikan efek yang cukup besar. Nuansa warna pada ruang tamu yang sekaligus ruang keluarga harus diperhitungkan. Untuk gambaran umum bisa memilih warna-warna yang formal serta tidak begitu mencolok. Seperti pastel, biru cerah, abu muda, putih ataupun warna soft lainnya. Tidak hanya itu, semua warna tersebut juga bisa dikombinasikan dengan beragam ornamen perlengkapan dalam ruang tamu seperti gorden, meja, sofa dan lain sebagainya.

5. Mengatur Hiasan Dinding Utama

Cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga juga harus memperhatikan penataan hiasan dinding utama. Dikarenakan dua ruangan ini menyatu jadi satu maka perlu menambahkan hiasan dinding yang tepat. Seperti lukisan, patung dinding, penempatan foto dan hiasan lainnya. Berikan juga wallpaper dinding yang cerah dan sesuai dengan konsep rumah yang diusung.

6. Mengatur Konsep Jendela Kaca

Cara berikutnya yang tidak kalah penting adalah menerapkan konsep jendela kaca. Jendela yang baik untuk rumah yang menyatukan dua ruangan sekaligus adalah yang memiliki ukuran yang tinggi dan besar. Faktor lain yang cukup menguntungkan adalah memilih gorden yang tidak terlalu besar dan mewah.

Jika dilihat sekilas, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga memang sedikit rumit. Namun sebenarnya hal itu dapat diakali dengan memperhatikan beberapa hal seperti telah dibahas di atas. Selain menarik, ruangan yang ada akan terlihat lebih besar. Kenyamanan keluarga seharusnya menjadi prioritas utama.
LihatTutupKomentar