Ketahui 6 Tips Memilih Keramik Dinding Teras Untuk Rumah Minimalis

Ketahui 6 Tips Memilih Keramik Dinding Teras Untuk Rumah Minimalis - Rumah bisa menjadi tempat paling nyaman untuk sebagian besar orang. Oleh karenanya, banyak orang yang senantiasa tergerak untuk mempercantik desain hunian kesayangan. Salah satu yang menjadi prioritas ialah desain dinding teras. Mengetahui beberapa tips memilih keramik dinding teras bisa menjadi solusi tepat agar rumah terlihat lebih menarik.
GoffyTips
Photo by Taylor Wilcox on Unsplash
Metode mendekorasi dinding teras sebenarnya telah lama diterapkan. Namun, penerapan keramik pada dinding depan rumah tidak pernah surut dari perhatian. Semakin lama semakin banyak inovasi yang ditawarkan, mulai dari motif hingga teksturnya. Semua tergantung dari selera masing-masing. Inilah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam pemilihan dinding teras:

1. Gunakan Motif Serta Corak Keramik

Tips memilih keramik dinding teras yang pertama yaitu dengan memperhatikan corak maupun motif keramik yang akan dipilih. Jika dilihat dari konsep dinding teras secara umum dan standar, kebanyakan orang cenderung memilih motif polos.

Namun jika ingin lebih berkreasi dengan memberikan sentuhan lain, anda bisa menggunakan motif tertentu yang diinginkan. Seperti motif mutiara,  mesir kuno maupun motif batu alam timbul. Alangkah baiknya untuk memilih motif keramik yang terlihat alami serta tidak begitu mencolok. Hal ini bertujuan untuk memperkuat konsep minimalis yang lebih elegan.

2. Pilih Tekstur Keramik yang Tepat

Tips memilih keramik dinding teras biasanya menggunakan tekstur kasar. Mengapa? Sebab bagian teras rumah akan lebih mudah terkena panas sinar matahari. Jadi untuk meminimalisir serta menghindari efek kilau yang berlebihan pilihlah keramik yang bertekstur kasar.

Terlebih pada saat siang hari, saat cuaca sangat panas. Orang yang melihat atau lewat bisa saja merasa silau kala melihat bagian teras. Keramik dengan tekstur kasar tidak berpotensi menimbulkan kilauan yang berlebihan. Itulah sebabnya banyak orang lebih sering menggunakan keramik dengan tekstur kasar.

3. Sesuaikan Warna Keramik

Untuk memilih dinding teras rumah minimalis, sebaiknya memperhatikan pemilihan warna yang tepat. Pilihlah warna yang selaras dengan karakter maupun konsep dari rumah itu sendiri. Apabila ingin menampilkan sentuhan yang lebih hidup, dapat menggunakan warna yang mencolok seperti halnya kuning, hijau, merah yang dipadukan dengan warna soft.

4. Memilih Ukuran Keramik yang Pas

Hal lain yang patut diperhatikan adalah mengenai ukuran keramik. Sebaiknya ukuran keramik menyesuaikan dengan bidang ukuran pada dinding teras. Jika menggunakan ukuran dinding yang cukup lebar, maka perlu memilih ukuran yang lebih lebar pula.

5. Hadirkan Nuansa Alami

Ada banyak konsep yang diusung dalam berbagai model rumah. Salah satunya adalah yang memiliki konsep bernuansa alami. Dari dulu hingga kini, konsep alami masih menjadi primadona. Meskipun seiring jaman diperbarui dengan beragam sentuhan yang lebih hidup. Seperti keramik batu alam yang dapat diaplikasikan pada berbagai model rumah termasuk rumah minimalis.

6. Perhatikan Kualitas Bahan Baku

Kualitas bahan baku patut menjadi perhatian berikutnya dalam memilih dinding teras rumah. Seperti yang telah disinggung di atas, bagian teras merupakan bagian rumah yang sering terkena sinar matahari langsung. Oleh sebab itu, kekuatan serta kualitas dari dinding teras yang dipilih harus baik. Meskipun harga sedikit lebih mahal namun bahan yang berkualitas dinilai lebih tahan lama. Jika dibandingkan dengan keramik murah dengan tekstur mudah pecah.

Itulah beberapa tips memilih keramik dinding teras. Selain harus menonjolkan keindahan serta gaya yang modern. Bagian teras rumah haruslah dilengkapi dengan memperhatikan beberapa hal seperti tekstur, ukuran serta kualitas bahan yang digunakan. Semoga dapat memberi pengetahuan baru serta sebagai referensi bagi keluarga baru yang berniat memiliki hunian sendiri.
LihatTutupKomentar