Cara Memasang Rak Dinding Paling Cantik dan Estetik

Cara Memasang Rak Dinding Paling Cantik dan Estetik - Rak dinding berfungsi untuk menempatkan suatu barang sekaligus membuat dinding rumah menjadi lebih estetik. Memasang rak dinding bisa dilakukan sendiri tanpa harus memanggil tukang. Syaratnya yaitu, harus mengerti terlebih dahulu bagaimana cara memasang rak dinding yang benar. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan untuk memasang rak dinding :
GoffyTips
Photo by Jonny Caspari on Unsplash

1. Mencari Referensi Rak Dinding

Terdapat banyak sekali model rak dinding yang bisa dipilih untuk menghiasi dinding rumah.  Rak dinding biasanya dijual dengan harga yang beraneka ragam sehingga dapat disesuaikan langsung dengan budget yang dimiliki. Memilih referensi rak dinding  dapat dilakukan secara online maupun offline. Pemilik rumah yang tidak mau ribet bisa melakukannya secara online.

Cara memasang rak dinding harus disesuaikan dengan warna dindingnya. Hal ini supaya dinding terlihat serasi dan enak dipandang. Selain itu, sisi keestetikannya juga akan terlihat jika warna dinding dan warna temboknya terlihat menyatu. Mengenai modelnya, alangkah lebih baik untuk memilih yang sederhana supaya tatanannya terlihat lebih dewasa.

2. Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Ketika sudah memiliki rak dinding, segeralah untuk melakukan pemasangan. Caranya yaitu, dengan mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk memasang rak. Tujuannya adalah ketika sudah mulai memasang tidak perlu lagi mencari peralatan.

Pemasangan rak dinding sangat sederhana dikarenakan tidak perlu menggunakan alat bor. Peralatan yang dibutuhkan pun hanya 3 item saja yaitu perekat 3M (permanent double tape), gunting, dan rak dinding. Persiapkan peralatan tersebut dengan baik sebelum melakukan eksekusi.

3. Merakit Rak Dinding

Langkah selanjutnya yaitu, merakit kerangka rak dinding yang sudah dibeli. Bacalah aturan atau petunjuk pemasangannya dengan teliti supaya tidak terjadi kesalahan ketika rak sudah terpasang. Dalam memasang rak dinding anda harus fokus dan jeli supaya rak bisa terpasang dengan baik. 

Rak dinding harus dipasang secara kokoh jangan sampai ada bagian yang masih longgar karena akan menjadikan rak ini rapuh dan mudah rusak. Ketika selesai memasang rak, cek kembali apakah ada bagian yang masih belum terpasang secara sempurna atau tidak. Masalah perakitan ini juga menjadi kunci sukses rak dinding dapat bertahan lama.

4. Merekatkan Rak Dinding

Rak dinding yang sudah terpasang secara sempurna dapat langsung direkatkan menggunakan perekat 3M. Cara merekatkannya pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena akan menentukan keberhasilan dalam pemasangan rak di dinding. Perekat ini merupakan perekat permanen yang kuat apabila tembok yang digunakan sesuai dan raknya tidak terlalu berat.

Pasanglah perekat pada dinding kemudian lepas stickernya dan tempelkan raknya. Tekan sampai terdengar bunyi klik kemudian jangan lepaskan tekanan selama 30 detik. Tujuannya adalah supaya rak dapat melekat secara sempurna pada dinding dan tidak mudah terlepas.

5. Rak Dinding Siap Untuk Digunakan

Langkah terakhir yaitu, dengan meletakkan barang-barang yang sudah dipersiapkan untuk diletakan pada rak. Barang-barang tersebut seperti buku atau vas bunga kecil yang berfungsi menambah nilai estetik. Susunlah buku dengan rapi supaya sedap dipandang dan mudah dalam pengambilannya.

Beberapa cara memasang rak dinding tersebut sangat recommended sekali untuk dicoba karena mudah dalam melakukannya. Pastikan memilih rak yang ringan dan juga cantik supaya dapat dilakukan pemasangan dengan mudah. Nilai keestetikaan juga akan semakin terpancar jika rak yang dipilih memiliki model vintage dan memiliki warna yang serasi dengan temboknya. Yakin tidak mau mencobanya?

LihatTutupKomentar