Cara Membuat Bookmark Pada File PDF

Cara Membuat Bookmark Pada File PDF - Bookmark merupakan sebuah navigasi pada file yang mempermudah kamu dalam mencari topik bahasan tertentu hanya dengan satu kali klik. Bookmark dapat di ibaratkan seperti penanda / pembatas yang bisa kamu temukan pada file berekstensi “DOCX” maupun “PDF”. Dalam satu file dokumen, kamu dapat memasukkan bookmark sebanyak yang kamu inginkan.

Tulisan ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat bookmark pada file PDF. Cara ini menggunakan program yang bernama Foxit Reader. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

1. Jalankan program Foxit Reader. Bagi kamu yang belum mempunyai program ini, bisa mengunduh dan menginstallnya terlebih dahulu.


2. Setelah program Foxit Reader terbuka, langkah selanjutnya yaitu mengambil file PDF yang akan di bookmark. Caranya klik FILE > OPEN, lalu pilih filemu.


3. Kemudian klik Icon BOOKMARK yang terletak di sebelah kiri.


4. Untuk menambahkan bookmark baru maka bisa dengan klik Icon ADD BOOKMARK

5. Langkah selanjutnya yaitu rename tulisan Untitled dengan nama judul topikmu atau lainnya. Kamu bisa mengetikkannya langsung, copy paste atau dengan menandai judul halaman lalu klik KANAN MOUSE pilih ADD BOOKMARK. Setelah di rename kemudian tekan ENTER


6. Selesai. Selamat file kamu sudah di bookmark. Jangan lupa klik FILE > SAVE arau tekan CTRL + S untuk menyimpan filemu.

 
Itulah bagaimana cara membuat bookmark pada file PDF. Mudah bukan ? Selamat mencoba.
LihatTutupKomentar