Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet Untuk Pelajar

Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet Untuk Pelajar - Perkembangan internet yang begitu cepat secara tidak langsung memaksa kita untuk terus beradaptasi dengan kondisi yang ada. Internet merupakan jaringan yang menghubungkan antara satu media elektronik ke media elektronik lainnya. Internet mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan berbagai orang di seluruh belahan dunia. Internet juga bisa digunakan untuk mencari hiburan, pengetahuan, hingga pundi – pundi uang.

Berbicara mengenai internet dan uang memang sesuatu yang cukup menarik untuk dibahas. Sekarang, banyak orang yang terjun ke dunia internet untuk menghasilkan uang. Mereka berbondong – bondong memanfaatkan internet yang notabenenya selalu mereka gunakan sehari – hari. Pemanfaatan internet tidak hanya dari kalangan pekerja saja melainkan internet sudah dimanfaatkan oleh seluruh kalangan tidak terkecuali para pelajar.

Nah, untuk kamu yang masih pelajar tentunya pernah terbesit keinginan untuk menghasilkan uang lewat internet. Akan tetapi, itu hanya sebatas keinginan saja tanpa action yang nyata. Kamu beranggapan bahwa menghasilkan uang lewat internet harus memiliki modal yang besar. Hal tersebut diperparah dengan statusmu yang masih seorang pelajar. Bayang – bayang itu seakan terus menghantuimu dan membuat kamu tidak berkembang.

Mulai sekarang, kamu yang masih pelajar cobalah untuk membuang angapan – angapan yang selama ini menghantuimu. Menghasilkan uang lewat internet tidak seperti apa yang kamu bayangkan dan pikiran yaitu, harus memiliki modal besar dan berstatus sebagai seorang pekerja. Modal besar dan status sebagai seorang pekerja hanyalah sebuah previllage yang tentu, kamu yang masih pelajar juga mempunyai previllage tersendiri. Jadi, jangan minder dan mulailah hasilkan uang lewat internet.

Lantas, Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet Untuk Pelajar ?

Sebenarnya ada beberapa pilihan pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang lewat internet. Nah apa saja yang bisa kamu lakukan simak penjelasannya sebagai berikut :

1. YouTuber

Photo by Christian Wiediger on Unsplash

YouTube merupakan salah satu platform yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Di YouTube orang dapat menonton berbagai tayangan baik itu hiburan, berita hingga pengetahuan. Selain dijadikan sebagai platform untuk menonton video, YouTube juga bisa dijadikan sebagai peluang untuk menghasilkan uang terutama bagi kamu yang masih berstatus pelajar.

Jika kamu para pelajar yang ingin menghasilkan uang dari YouTube maka ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan :

a. Buat channel YouTube Dengan Topik Khusus. Sebelum kamu memutuskan untuk membuat channel YouTube, alangkah baiknya tentukan terlebih dahulu topik apa yang akan kamu bahas. Kamu bisa membuat channel tentang hiburan, edukasi, kesehatan, lifestyle atau hal – hal yang berbau sekolah. Jadi tetap sesuai dengan status kamu sebagai pelajar.

b. Buat Konten yang Menarik. Usahakan konten yang kamu buat adalah konten yang memang menarik dan bermanfaat. Dengan begitu kamu akan menarik para viewer untuk menonton videomu.

c. Optimasi Channel YouTube Kamu. Optimasi berfungsi supaya video yang kamu buat bisa muncul paling atas. Kamu bisa memperhatikan pemilihan judul maupun keyword yang ada dalam videomu.

d. Serius dan Konsisten. Jika kamu ingin menghasilkan uang dari YouTube maka, kamu harus serius dan konsisten dalam mengurusi channel-mu. Pasalnya jika kamu serius dalam mengembangkan channel YouTube, bukan mustahil kamu yang masih berstatus pelajar bisa menghasilkan uang jutaan rupiah. Ibaratkan channel-mu ini seperti pohon yang harus kamu rawat supaya bisa dipanen di hari esok.

2. Bisnis Online Shop

Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Gurita bisnis sekarang ini sudah pada tahap memasuki dunia internet. Bisnis – bisnis yang dahulunya dilakukan secara konvensional mulai melebarkan sayapnya melalui pemanfaatan internet. Hal itu berakibat pada banyaknya e-commerce yang bermunculan.

Nah, fenomena ini bisa kamu respon dengan membuka bisnis online shop sendiri. Kamu bisa memulainya dengan produk atau jasa yang kamu inginkan seperti pernak – pernik, buku, pakaian, skincare dan lain sebagainnya. Untuk ketersediaan produk kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara seperti :

a. Produksi Sendiri
Jika kamu mempunyai keterampilan untuk membuat barang sendiri tidak ada salahnya untuk menjual hasilnya secara online. Produksi barang sendiri mempunyai kelebihan yaitu kamu bisa mengontrol sendiri jumlah dan kualitas produk yang dihasilkan. Akan tetati produksi sendiri juga memiliki kekurangan yaitu lebih banyak menyita waktu. Jika kamu merupakan pelajar yang sibuk keputusan memproduksi barang sendiri perlu dipertimbangkan lagi.

b. Reseller
Reseller merupakan sebuah model bisnis yang mana penjual tidak perlu bersusah payah untuk mempunyai stok terlebih dahulu ketika bertransaksi dengan pelanggan. Walaupun demikian model bisnis ini memerlukan kerjasama antara penjual dan pemasok barang. Seorang reseller nantinya akan membeli produk dari pemasok barang dengan harga yang sudah ditentukan terlebih dahulu dan akan dijual lagi kepada pelanggan dengan selisih harga lebih tinggi.

Untuk kamu yang masih pelajar juga bisa menghasilkan uang lewat internet dengan model bisnis reseller. Kamu hanya perlu mencari pemasok barang untuk diajak kerjasama.

Perlu di ingat juga pilihlah pemasok barang yang cepat dalam merespon dan selalu update. Kamu tentu tidak ingin jika nanti ada pesanan yang datang, pemasok barang lamban dalam meresponmu.

c. Drophsip
Sebenarnya dropship hampir sama dengan reseller. Bedanya yaitu, dropship merupakan model bisnis yang mana pihak ketiga bekerja sama dengan pemilik toko untuk menjualkan produk mereka. Dalam model bisnis ini sang dropshipper (sebutan pelaku dropship) tidak berhak menentukan barang. Hal itu dikarenakan sang pemilik barang yang akan melakukan pengiriman barang.

Untuk kamu yang masih pelajar juga bisa menghasilkan uang lewat internet dengan model bisnis dropship. Kamu hanya perlu mencari pemilik barang untuk diajak kerjasama.

3. Blogger

Photo by Fikret tozak on Unsplash

Blogger merupakan salah satu bisnis yang sudah lama digeluti oleh banyak orang. Seorang blogger dapat bekerja dimana saja dan kapan saja. Dari blogger kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Blogger bisa menjadi alternatif penghasilan bagi kamu yang masih pelajar. Penghasilan dari blogger bisa didapat dari google adsense, iklan, konten, affiliate dan lain sebagainya.

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menekuni blogger:

a. Buat Konten Khusus dan Menarik
Sama halnya dengan YouTube, sebelum kamu memutuskan menjadi seorang blogger alangkah baiknya pikirkan terlebih dahulu konten apa yang akan kamu buat. Usahakan kontenmu cukup menarik untuk dibaca para visitor blogmu.

b. Optimasi SEO
Optimasi SEO berfungsi supaya blogmu bisa muncul di halaman pencarian. Percuma ketika kamu membuat blog tetapi tulisanmu tidak muncul dalam halaman pencarian. Cara optimasi SEO blogger bisa dengan pengguaan keyword yang tepat sasaran, penggunaan backlink, promosi sosial media dan lain sebagainya

c. Konsisten
Konsisten merupakan salah satu aspek terpenting dalam menekuni dunia blogger. Banyak para blogger pemula yang semangat di awalnya saja dan akhirnya menyerah ditengah jalan. Untuk menjadi blogger yang sukses dengan penghasilan yang banyak diperlukan konsistensi dalam mengurus blog yang kamu miliki.

4. Desain Grafis

Photo by NordWood Themes on Unsplash

Bagi kamu para pelajar yang mempunyai kemampuan desain grafis bisa mencoba untuk menghasilkan uang lewat internet. Seiring perkembangan zaman yang sangat pesat kebutuhan untuk desainer grafis pun kian meningkat. Kondisi ini bisa kamu manfaatkan untuk ikut ambil bagian.

Sekarang, sudah banyak website freelancer yang notabenenya menjadi wadah bagi para desainer. Sebut saja seperti Fiverr, Upwork, 99design, Sribulancer dan lain sebagainya. Ada juga website yang berbasis stock seperti Shutterstock, Freepik, Adobe Stock dan lain sebagainnya.

5. Penulis Artikel

Photo by Kaitlyn Baker on Unsplash

Menjadi penulis artikel merupakan salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang lewat internet. Tersedia banyak website yang membutuhkan tenaga lepas untuk menjadi penulisnya. Nah, jika kamu memiliki hobi menulis cobalah ambil kesempatan ini. Selain bisa mengasah kemampuanmu dalam menulis, kamu juga bisa mendapat pundi – pundi uang.

6. Admin Media Sosial

Photo by Firmbee.com on Unsplash

Media sosial merupakan salah satu platform yang paling banyak diakses sekarang ini. Karena banyak diakses media sosial sering dijadikan sebagai medium untuk berjualan maupun promosi online. Kondisi ini mengakibatkan banyak bisnis yang membutuhkan tenaga untuk sekedar mengurusi media sosialnya.

Kamu sebagai pelajar tentu sudah sangat familiar dengan yang namanya media sosial. Daripada kamu hanya menghabiskan waktu scroll - scroll media sosial yang cenderung kurang bermanfaat, alangkah baiknya waktumu digunakan untuk menghasilkan uang.

7. Survey Online

Photo by Celpax on Unsplash

Mengerjakan survey online merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang lewat internet. Pada survey online kamu hanya disuruh mengisi pertanyaan – pertanyaan yang dilontarkan oleh sebuah perusahaan. Kamu bisa mengisinya kapan saja dan dimana saja dengan berbekal gadget dan koneksi internet yang kamu punya. Banyak sekali website penyedia survey online seperti Whaff, MySurvey, PanelBase dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa cara menghasilkan uang lewat internet untuk pelajar. Sekarang, semuannya kembali pada dirimu sendiri apakah kamu berani mencobanya dan siap mempunyai penghasilan sendiri lewat internet ?
LihatTutupKomentar