Cara Screenshot di Macbook Dengan Mudah dan Cepat

Cara Screenshot di Macbook Dengan Mudah dan Cepat – Fitur tangkap layar atau yang lebih dikenal dengan screenshot merupakan salah satu fitur yang sangat penting dalam pemakaian alat gawai. Fitur screenshot sangat mudah ditemukan di alat gawai. Biasanya, alat gawai sudah dibekali dengan fitur screenshot bawaan. Fitur ini berfungsi untuk menangkap sebuah gambar, video maupun tulisan yang ada pada layar pengguna.

Cara menggunakan fitur screenshot pun sangat beragam, tergantung alat gawai yang digunakan seperti ponsel pintar, laptop atau PC (Personal Computer). Ada yang harus menekan beberapa kombinasi tombol, mengusap layar hingga menggunakan aplikasi tambahan. Dalam tulisan ini, akan dijelaskan mengenai cara menggunakan screenshot di laptop. Jika laptop yang menggunakan sistem operasi windows maka fitur screenshot bisa diaktifkan dengan cara menekan kombinasi tombol “Windows + Picture Screen Key”. Pengguna windows juga bisa mengaktifkan fitur screenshot dengan aplikasi bawaan yaitu “Snipping Tool”.

Lantas bagaimana dengan pengguna MacOS yang ingin mengaktifkan fitur screenshot ? Beda sistem operasi tentu, akan berbeda pula cara menggunakannya. Mungkin sebagian besar pengguna produk Apple, seperti MacBook sudah bisa dan mahir dalam menggunakan beberapa aplikasi bawaan maupun shortcut untuk melakukan screenshot. Masalah akan muncul ketika ada pengguna yang notabenenya masih baru dalam menggunakan MacBook. Untuk mengatasi permasalahan yang ada tentang bagaimana cara screenshot di MacBook ? Shortcut atau aplikasi yang digunakan apa saja ? Berikut beberapa cara screenshot di MacBook dengan mudah :

Cara Screenshot di MacBook Dengan Shortcut Keyboard.

1. SHIFT + COMMAND + 3

Kombinasi tombol ini digunakan untuk screenshot seluruh tampilan di layar. Caranya pun cukup mudah yaitu :
  • Tekan tombol Shift + Command + 3 secara bersamaan
  • Ketika kombinasi tombol ini ditekan maka secara otomatis fitur screenshot akan aktif dan gambar akan tersimpan di desktop.

2. SHIFT + COMMAND + 4

Kombinasi tombol ini digunakan untuk screenshot layar yang dipilih maupun sebagian. Caranya pun cukup mudah yaitu :
  • Tekan tombol Shift + Command + 4 secara bersamaan
  • Ketika fitur screenshot aktif maka, akan muncul symbol penanda / bidik yang menyatu dengan kursor. Seleksi bagian yang ingin di screenshot.
  • Setelah selesai hasil screenshot akan otomatis tersimpan di desktop.

3. SHIFT + COMMAND + 4 + SPACE BAR

Kombinasi tombol ini digunakan untuk screenshot seluruh layar jendela aplikasi. Caranya pun cukup mudah yaitu :
  • Tekan tombol Shift + Command + 4 + Spasi secara bersamaan
  • Ketika fitur screenshot aktif maka, kursor akan berubah menjadi ikon kamera. Kemudian pengguna dapat mengarahkan ikon tersebut ke jendela aplikasi yang ingin di screenshot.
  • Klik tombol kiri pada mouse atau trackpad maka, jendela aplikasi tersebut secara otomatis ter – screenshot dan tersimpan di desktop.
  • Setelah selesai hasil screenshot akan otomatis tersimpan di desktop.

Cara Screenshot di MacBook Dengan Aplikasi Tambahan.

Selain dengan menggunakan kombinasi tombol di keyboard, cara screenshot di MacBook juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi ini bisa di unduh di Appstore maupun di internet. Adanya aplikasi tambahan memungkinkan pengguna untuk lebih rinci dalam melakukan screenshot. Biasanya aplikasi tambahan ini memiliki fitur editing gambar seperti crop, resize, pemberian warna hingga watermark.

Aplikasi screenshot tambahan ini hadir dengan dua jenis yaitu berbayar dan gratis. Letak perbedaanya yaitu, untuk aplikasi yang berbayar memiliki fitur yang lengkap. Sedangkan untuk aplikasi yang gratis biasanya hanya memiliki fitur screenshot saja. Berikut beberapa aplikasi screenshot yang sering digunakan oleh para pengguna Mac :

1. Lightshot

Lightshot

Lightshot merupakan aplikasi screenshot yang sangat ringan dan tidak memerlukan space penyimpanan besar. Untuk menggunakan aplikasi Lightshot sangat mudah yaitu dengan menyeret kursor sebagai alat seleksi untuk menutup area layar yang ingin di screenshot. Pengguna juga dapat menyimpannya secara local maupun secara online.

2. Snappy

Snappy

Snappy merupakan salah satu aplikasi screenshot di MacBook yang memiliki fitur lengkap yang bisa digunakan secara gratis. Snappy juga mendukung fitur anotasi, sharing, iCloud dan password encryption.

3. CloudApp

CloudApp

CloudApp merupakan aplikasi yang memungkinkan para penggunannya untuk merekam video, webcam, membuat anotasi screenshot layar hingga membuat animasi GIF yang dapat di simpan di Cloud. Sayangnya CloudApp merupakan aplikasi yang berbayar.

4. QuickTime

QuickTime

QuickTime merupakan aplikasi screenshot bawaan yang ada di Mac. QuickTime memiliki fitur yang lumayan baik untuk para pengguna yang ingin melakukan screenshot tanpa perlu membuat anotasi atau efek. Selain untuk screenshot, QuickTime juga bisa digunakan pemutar video maupun perekam layar.

5. Skitch

Skitch

Skitch merupakan aplikasi screenshot yang memiliki fitur cukup banyak. Dalam aplikasi Skitch pengguna dapat memberi anotasi yang bisa disinkronkan dengan akun Evernote, iPhone atau iPad pengguna. Aplikasi yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2007 ini memiliki ukuran aplikasi kurang lebih 25 megabyte saja.

6. Monosnap

Monosnap

Monosnap merupakan aplikasi screenshot yang bisa digunakan oleh para pengguna MacBook. Fitur yang ada dalam Monosnap bisa dibilang cukup lengkap. Adapun fitur yang disediakan yaitu anotasi, efek blur, screencast, dan delayed screenshot. Selain itu di Monosnap, pengguna juga bisa untuk mengeksport hasil screenshot ke dalam format JPG, PNG dan ke aplikasi eksternal.

7. Jing

Jing

Jing merupakan aplikasi screnshot yang bisa digunakan secara gratis. Jing memiliki fitur yang lumayan yaitu effect dan sharing.

8. Screenie

Screenie

Screenie merupakan aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk screenshot layar. Selain itu, Screenie juga bisa digunakan untuk mengedit gambar secara sederhana seperti filter, perubah format gambar dan delayed screenshot.

9. Teampaper Snap

Teampaper Snap

Teampaper Snap merupakan aplikasi screenshot yang bisa digunakan oleh para pengguna MacBook. Teampaper Snap memungkinkan pengguna untuk melakukan screenshot area layar sesuai dengan keinginan pengguna. Dalam aplikasi Teampaper Snap pengguna juga dapat membagikan hasil screenshot melalui fitur copy & paste.

10. CleanShot

CleanShot

CleanShot merupakan aplikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan screenshot secara bebas sesuai dengan keinginan si pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa membuat screenshot layar jendela yang disejajarkan dengan wallpaper sebagai latar belakangnya, merekam layar dan juga tersedia tombol shortcut untuk mempercepat dalam penggunaannya.

Itulah beberapa cara screenshot di MacBook yang bisa dicoba. Pilihan tergantung para pengguna ingin memakai shortcut keyboard yang simpel atau memakai aplikasi tambahan baik yang gratis maupun berbayar.


LihatTutupKomentar