Simak Uraian Cara Menata Hiasan Dinding Ruang Tamu

Simak Uraian Cara Menata Hiasan Dinding Ruang Tamu - Rumah yang nyaman adalah idaman oleh semua orang. Akan tetapi, nyaman bukan hanya tentang rumahnya bisa juga tentang suasana rumahnya. Tanpa disadari dekorasi rumah akan mempengaruhi kenyamanan di dalam rumah. Oleh karena itu orang harus mengetahui bagaimana cara menata hiasan dinding ruang tamu. Dekorasi yang sesuai membuat kesan menjadi aman apalagi ruang tamu. Alasannya yaitu, jika tamu yang berkunjung nyaman pemilik rumah tentu akan senang. Berikut ini adalah perencanaan pengaturan hiasan dinding ruang tamu, yaitu :
GoffyTips
Photo by Spacejoy on Unsplash

1. Sesuaikan dengan Suasana Ruang Tamu

Langkah-langkah cara menata hiasan dinding ruang tamu harus menyesuaikan dengan suasana ruang tamu. Pemilihan hiasan dinding harus disesuaikan dengan tema ruang tamu. Luas ruang tamu juga mempengaruhi penataan ruang dinding karena semakin luas, penghuni dapat leluasa mengatur hiasan dinding. Seandainya ruang tamu yang dimiliki memang kecil maka pemilik harus memutar otak mencari hiasan dinding sederhana.

2. Pikirkan Model Penataan Hiasan Dinding yang Diinginkan

Selanjutnya, cara menata hiasan dinding ruang tamu adalah memikirkan model penataan hiasan dinding yang diinginkan dan sesuai dengan ruang tamu. Terdapat beberapa model penataan hiasan dinding seperti butterfly, on a self, pinwheel, line up, block party, chevron, tetris atau squared, the squad, simple dan elegan. Setiap model memiliki ciri khas dan fokus masing-masing. Ada yang memfokuskan pada satu foto besar yang dikelilingi beberapa foto ukuran kecil.

Fokus model hiasan dinding lainnya bisa dengan foto yang diletakkan dengan posisi landscape maupun potrait, foto yang asal ditempel, foto yang diletakkan di pigura khusus. Kemudian, lukisan besar yang ditaruh ditengah-tengah, kaca dan perapian dan masih banyak lagi. Pilih model penataan hiasan.

Pemilik rumah bisa menggunakan satu model atau menggabungkan beberapa model menjadi satu tapi tetap harus dipertimbangkan apa kelebihan dan kekurangannya. Pemilihan model hiasan tergantung pula kebutuhan contoh membutuhkan perapian di ruang tamu agar suasana ruang tamu hangat karena rumah berada di daerah dingin.

3. Menentukan Hiasan Dinding

Setelah menentukan model hiasan dinding, cara menata hiasan dinding ruang tamu berikutnya menentukan apa saja hiasan dinding yang akan dipasang. Hiasan dinding yang dipilih disesuaikan dengan model hiasan dinding. Beberapa hiasan dinding yang bisa dipasang seperti foto baik dalam bingkai maupun tidak, gambar berbingkai, lukisan, foto pahlawan, kaligrafi, jam pajangan tipografi, wallpaper dinding, cermin, rak kayu. Bisa juga karikatur, piring hias cantik, foto keluarga dan kumpulan foto.

4. Buat Sketsa Peletakan Hiasan Dinding

Peletakan hiasan dinding yang sudah dipilih harus dibuat terlebih dahulu sketsanya. Tujuannya agar memudahkan dalam penataan jadi mengetahui bagaimana susunannya dan tidak kebingungan saat memasang hiasan dinding. Sketsa dapat dibuat dengan menggambarkan posisi hiasan dinding sehingga tahu akan diletakkan di atas, bawah, tengah, kanan atau kiri. Pemilik rumah tentu dapat mempertimbangkan bagaimana susunan yang tepat sesuai dengan selera pemilik rumah.

5. Menentukan Titik Tengah Dinding

Menentukan titik tengah dinding juga penting agar saat menyusun bisa fokus di titik tengah-tengah dinding. Garis-garis tipis dapat dibuat supaya tidak lupa dimana titik tengah-tengahnya. Tempat meletakkan hiasan dinding sebelumnya bisa dibuat garis-garis terlebih dahulu sesuai dengan ukuran hiasan dinding. Fungsinya agar tahu apa hiasan dinding bisa muat dipasang semua selain itu supaya hasil akhir penyusunan terlihat indah dan tertata. Atur jarak antar hiasan dinding, pengaturan jarak ini juga menyesuaikan ide dan konsep hiasan dinding.

Itulah beberapa cara menata hiasan dinding ruang tamu yang dapat dijadikan referensi. Gunakan kreativitas dan inovasi untuk mengatur hiasan dinding ruang tamu. Desain yang dipakai bisa desain yang simpel agar tidak menghabiskan banyak uang dan tenaga untuk mengaturnya. Jangan lupa cek terlebih dahulu hiasan setelah meletakkannya agar tidak ada hiasan yang jatuh atau melukai anggota rumah.
LihatTutupKomentar