Tempat Wisata Tersembunyi di Bangka Belitung

Tempat Wisata Tersembunyi di Bangka Belitung - Wisata di Belitung menjadi salah satu tempat untuk travel yang direkomendasikan untuk dikunjungin. Pulau Belitung merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terletak di dekat pulau Sumatera. Pulau Belitung berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Daerah ini dikenal sebagai daerah penghasil timah, kaolin, pasir putih, dan lainnya. Selain dikenal dengan hasil alamnya, Belitung juga dikenal dengan tempat untuk travelnya.
Wisata di Belitung yang terkenal salah satunya adalah sebagai tempat atau lokasi syuting Laskar Pelangi. Film Laskar Pelangi memang mengambil cerita mengenai kehidupan di Kepulauan Bangka Belitung. Untuk mendukung cerita, lokasi syuting diambil langsung di beberapa lokasi di Kepulauan Bangka Belitung, seperti di Gantong dan Tanjung Tinggi. Nah, kali ini penulis akan membagikan informasi mengenai tempat untuk travel gratis yang ada di Belitung.

1. Travel di Tanjung Tinggi

Tempat wisata di Belitung yang paling direkomendasikan adalah Tanjung Tinggi. Apakah kamu pernah medengar atau bahkan menonton film Laskar Pelangi? Jika kalian sudah pernah menonton film Laskar Pelangi, apakah kalian ingat adegan di mana anak-anak berlarian di pantai dengan batu-batu besar? Nah, pada adegan tersebut berlokasi di Tanjung Tinggi, lohh.
Gambar 1. Tanjung Tinggi (sumber: dokumentasi oleh @asyifamelati26)
Selain karena menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi, Tanjung Tinggi juga merupakan tempat untuk travel di Pulau Belitung yang terkenal dengan batu-batu besar yang berada di pantai dan lautnya. Dengan batu yang besar dan tanpa adanya karang, pantai Tanjung Tinggi menjadi tempat favorit bagi masyarakat yang ingin berenang dan menikmati pemandangan dengan tenang. Hal itu dikarenakan di Tanjung Tinggi tidak terlalu ramai bila dikunjungi di hari kerja. Berasa seperti berlibur di pantai milik pribadi.
Gambar 2. Batu Besar di Tanjung Tinggi (sumber: dokumentasi oleh @asyifamelati26)
Nah, untuk memasuki tempat untuk travel Tanjung Tinggi yang berada di Pulau Belitung, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepersen pun untuk biaya masuk. Alias, untuk dapat memasuki wilayah Tanjung Tinggi gratis, tidak dipungut biaya. Bahkan kamu bisa duduk dan bermain sesuka hati di Tanjung Tinggi. Biaya yang keluar hanya biaya untuk makan, itupun jika kamu membeli makanan di tempat. Jika kamu membawa makanan dari rumah, karena diperbolehkan justru menjadi tidak adanya biaya yang keluar dari kantongmu. Sangat direkomendasikan bukan berwisata di Belitung?

2. Mengunjungi Tanjung Kelayang

Selain Tanjung Tinggi, ada juga tempat untuk travel di Belitung yang tak kalah direkomendasikan. Tanjung Kelayang lah jawabannya. Sedikit berbeda dengan Tanjung Tinggi, di Tanjung Kelayang kamu tidak dapat menikmati batu besar dari dekat. Namun, di sini kamu dapat menikmati pantai yang bersih, dengan pasir putih yang nyaman, dan dekat dengan pelabuhan perahu. Di Tanjung Kelayang juga dikenal oleh warga sekitar sebagai tempat untuk travel di Belitung sebagai tempat untuk melihat matahari terbenam lohh.
Gambar 3. Tanjung Kelayang (sumber: tiket.com)
Untuk dapat menikmati sunset atau matahari terbenam di Tanjung Kelayang, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepersen pun di sini. Sama seperti Tanjung Tinggi, untuk masuk ke wilayah wisata Tanjung Kelayang kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Selain itu, di Tanjung Kelayang kamu dapat melihat jajaran pulau-pulau lainnya, seperti Pulau Burung, Pulau Lengkuas, dan lainnya. Dari Tanjung Kelayang kamu juga dapat menyewa kapal untuk menyebrang ke Pulau Lengkuas untuk menikmati wisata snorkeling di Belitung.

3. Melihat Spot Fotonya Belitung, Danau Kaolin

Gambar 4. Danau Kaoilin (sumber: dokumentasi @asyifamelati26)
Selain wisata pantai, Belitung juga terkenal dengan sumber daya alamnya yaitu kaolin. Danau Kaolin yang kaya akan kaolin juga menjadi tempat untuk travel yang direkomendasikan. Pemandangan Danau Kaolin yang memanjakan mata, berasa seperti berada di danau bersalju. Warna danaunya yang hijau kebiruan menambah keindahan. Karena akses untuk ke Danau Kaolin sangat mudah dan dekat dengan jalan umum, Danau Kaolin menjadi salah satu tempat untuk travel gratis yang direkomendasikan di Belitung.
Sekian tempat wisata tersembunyi di Belitung yang direkomendasikan dan tidak menguras kantong. Semoga bermanfaat!
LihatTutupKomentar