Pentingnya Membangun Self Esteem Pada Anak

Pentingnya Membangun Self Esteem Pada Anak - Sering dikatakan bahwa anak-anak belajar dari sesuatu yang mereka alami. Jadi, apabila Anda mencari tempat untuk mulai membantu anak Anda membangun self esteem dan self value yang positif, maka Anda harus memperlihatkan kepada mereka self esteem Anda dan self value yang kuat. Jadilah positif saat Anda berbicara tentang diri Anda dan memperlihatkan kemampuan Anda. Ini akan mengajarkan anak Anda jika tidak apa-apa untuk bangga dengan bakat, keterampilan, dan kemampuannya.
Image Credit : Unsplash.com
Anak Anda pun memperoleh banyak manfaat dari pujian yang jujur dan positif. Temukan sesuatu tentang mereka untuk dipuji setiap hari. Anda bahkan juga bisa memberikan anak Anda pekerjaan yang Anda ketahui bisa mereka kerjakan dan beri pujian kepada mereka untuk tugas yang sudah dilakukan secara baik setelah mereka menyelesekannya. Perlihatkan pada anak Anda jika perbuatan positif patut mendapatkan pujian positif.

Saat anak Anda bersedih, marah atau tertekan, sampaikan secara terbuka, jujur dan sabar. Dengarkan mereka tanpa menghakimi atau mengkritik. Mereka mungkin tidak sepenuhnya memahami kenapa mereka merasa seperti itu, jadi kesempatan untuk berbicara dengan Anda mengenai hal tersebut kemungkinan diperlukan untuk menolong mereka mengatasi keadaan yang sulit. Sarankan sikap dan alternatif yang positif sebagai jalan keluar. Pastikan untuk membiarkan pintu komunikasi itu terbuka hingga mereka mengetahui saat berikutnya mereka merasa buruk, mereka bisa datang kepada Anda untuk minta bantuan dan tahu bahwa Anda tidak menghakimi atau menghukum mereka karena langkah mereka kembali terasa.

Ajari anak Anda pentingnya menentukan tujuan dan mengembangkan ide untuk memenuhi tujuan dan menuntaskan pekerjaan itu. Tugas kecil merupakan salah satu yang terbaik untuk memulai di awal. Yakinkan jika itu merupakan pekerjaan yang sesuai untuk anak Anda, dan tidaklah terlalu sulit. Jangan hanya memuji diakhir tugas, tapi puji pencapaian mereka sepanjang tugas berjalan.
Yang paling penting, beritahu anak Anda "Aku menyayangimu" setiap hari - bahkan beberapa kali sepanjang hari. Saat mereka berperilaku kurang pantas peringatkan diri Anda jika bukan mereka yang tidak Anda sukai, hanya perilaku mereka. Berikan catatan pendek yang manis atau kirimi mereka pesan singkat melalui smartphone. Segera, mereka akan belajar mengucapkan "Aku menyayangimu" secara mudah dan jujur sebagai balasannya.
LihatTutupKomentar