Daftar Makanan Yang Memperbanyak Asi Yang Perlu Busui Ketahui

Daftar Makanan Yang Memperbanyak Asi Yang Perlu Busui Ketahui - Makanan yang memperbanyak asi ternyata ada lho. Jadi untuk Busui sudah tidak perlu khawatir lagi jika ASInya sedikit. Karena ternyata ada beberapa jenis makanan yang ada di sekitar kita bisa membantu memperbanyak produksi Asi.
Image Credit : Unsplash.com
Makanan yang dikonsumsi dengan tujuan untuk memperbanyak produksi Asi disebut Asi booster atau laktogen. Laktogen sendiri merupakan jenis makanan yang di dalamnya terdapat kandungan galaktagog yakni senyawa yang ada di tanaman yang fungsinya adalah untuk meningkatkan produksi ASI bagi ibu-ibu menyusui. Jika Anda ingin tahu apa saja jenis makanan yang dimaksud, berikut jawabannya:

1. Sayuran Hijau

Makanan yang memperbanyak ASI pertama adalah sayuran hijau. Jadi bagi Anda yang kesulitan mengeluarkan ASI karena produksinya yang sedikit maka sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung galaktog seperti sayuran hijau ini. Ada banyak sayuran yang bisa Anda konsumsi seperti daun katuk, brokoli, bayam, daun jinten dan bangun-bangun. Bagi busui, jika ingin memperbanyak ASI maka harus konsumsi sayuran hijau ini setiap hari sebanyak 1 hingga 2 porsi. Senyawa galaktog dalam sayuran hijau memang mampu mendukung produksi ASI supaya semakin lancar dan banyak.

2. Gandum Utuh

Kemudian, Busui yang ingin produksi ASInya meningkat maka perlu mengonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti gandum utuh. Gandum utuh ini tidak hanya membuat busui jadi kenyang lebih lama saja tapi juga meningkatkan produksi asai. Selain gandum utuh, busui juga bisa mencoba makanan bermanfaat lainnya seperti oat karena oat sendiri kaya akan zat besi yang baik untuk mencegah terjadinya anema, menurunnya produksi ASI yang biasanya dialami oleh ibu-ibu yang baru saja melahirkan. Dan busui juga boleh mencoba jenis makanan lain yang terbuat dari gandum juga seperti roti gandum atau kue kering juga boleh.

3. Bawang Putih

Tidak hanya membantu meningkatkan produksi ASI saja, tapi bawang putih ternyata bisa membuat bayi menyusu lebih lama. Jadi untuk Anda yang ingin mencari makanan yang dapat memperbanyak asi dan membuat bayi menyusu lebih lama sebaiknya konsumsi bawang putih, bawang bombay atau bawang merah juga bisa. Karena menurut penelitian, busui yang mengonsumsi bawang-bawangan seperti ini ternyata bisa membuat rasa ASI jadi lebih enak. Karena itu bayi akan menyusu lebih lama dana ini juga akan efektif untuk meningkatkan produksi ASI.

4. Kacang-Kacangan

Untuk Anda yang saat ini masih ingin mencari makanan yang memperbanyak ASI, Anda bisa mencoba kacang-kacangan misalnya kacang almond, kacang merah atau kacang kenari juga bisa. Karena ternyata dengan mengonsumsi kacang-kacangan seperti ini akan membuat produksi ASI jadi lebih meningkat. Tidak Cuma itu saja, kacang-kacangan mengandung banyak serat yang tentu saja sangat bagus untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, jenis makanan ini juga mengandung kalsium, protein, zat besi yang semuanya bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI.

5. Biji-Bijian

Dan terakhir adalah mengonsumsi biji-bijian. Ada banyak jenis biji-bijian yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI seperti biji chia,wijen, biji rami. Dan jenis makanan ini memiliki kandungan senyawa fitoestrogen yang sangat bagus untuk produksi ASI. Jadi bagi busui yang ingin memperbanyak ASI bisa rutin mengonsumsi makanan biji-bijian ini.

Jadi itulah beberapa jenis makanan yang memperbanyak ASI yang bisa busui konsumsi Tidak hanya mengonsumsi makanan saja, Busui sebaiknya juga harus menyusui lebih lama dan lebih sering karena ini akan membantu merangsang produksi ASI supaya lebih banyak lagi. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar