Cara Agar Asi Banyak Dan Kental Yang Dapat Ibu Menyusui Lakukan Di Rumah

Cara Agar Asi Banyak Dan Kental Yang Dapat Ibu Menyusui Lakukan Di Rumah - Cara agar ASI banyak dan kental menjadi salah satu informasi yang banyak dicari oleh para busui di Indonesia. Tapi sebelum mengetahui caranya, Ibu menyusui seharusnya mengetahui konsistensi ASI yang terkandung di dalamnya. Karena ASI yang dihasilkan ternyata memiliki konsistensi dan jumlah yang berbeda-beda. Volume ASI bisa saja sedikit tapi di waktu lain menjadi melimpah.
Image Credit : Unsplash.com
Komposisi ASI berubah salah satunya disebabkan oleh respons terhadap kebutuhan bayi. Sementara untuk konsistensinya, ASI yang pertama kali keluar adalah foremilk jadi lebih encer daripada ASI yang belakangan keluarnya atau hindmilk. Ini penting untuk diketahui Busui sebab bayi biasanya meminum foremilk atau ASI encer dan inilah yang membuatnya cepat merasa lapar kembali. Tidak sedikit busi yang khawatir atau gelisah karena ASInya encer dan sedikit. Karena itu supaya membantu mengatasi permasalahan ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan busui supaya ASI bisa banyak dan kental:

1. Jaga Tubuh Supaya Selalu Terhidrasi

Cara pertama agar ASI selalu banyak adalah menjaga tubuh agar selalu terhidrasi. Ini menjadi cara efektif yang dapat dilakukan karena jika tubuh kekurangan cairan, ini tentu akan membuat produksi ASI jadi menurun. Karena itu, jika busui tidak ingin ASInya sedikit atau menurun produksinya sebaiknya penuhi kebutuhan cairan. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas di setiap harinya supaya ASI tidak hanya banyak saja tapi juga menjadi lebih kental. Tapi kebutuhan cairan ini mungkin lebih banyak di situasai tertentu. Tidak hanya mengonsumsi air putih saja, busui juga harus mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka.

2. Mengonsumsi Makanan Yang Bergizi Dan Bervitamin

Cara agar asi banyak dan kental yang kedua adalah mengonsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin. Jadi jika Anda saat ini tengah menyusui, itu artinya Anda memerlukan tambahan kalori di setiap harinya. Karena itu, konsumsilah makanan yang berkalori supaya memenuhi kebutuhan kalori di setiap harinya. Anda harus rajin mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti telur, susu, keju, kacang-kacangan, ikan dan ayam. Tidak hanya itu, Anda juga harus rajin mengonsumsi mineral dan vitamin karena kedua kandungan ini dibutuhkan juga selama masa menyusui.

3. Menyusui Lebih Sering

Anda harus menyusui bayi lebih sering jika ingin produksi ASI semakin banyak dan juga kental. Tidak ada salahnya mengosongkan payudara Anda terlebih dahulu baru dengan menggunakan pompa ASI pada saat bayi tidak menyusui. Dengan memompa ASI seperti ini, tentu akan memancing respons biologis supaya tubuh memproduksi ASI kembali jika persediannya sudah berkurang.

4. Memijat Payudara Ketika Sedang Menyusui

Cara agar ASI banyak dan kental selanjutnya adalah dengan memijat payudara ketika tengah menyusui. Karena dengan tekanan dan pijatan yang dilakukan pada payudara ini tentu akan meningkatkan aliran yang terdapat pada saluran ASI.Ini menjadi salah satu cara yang efektif juga untuk Anda yang ingin bagian hindmilk atau bagian belakang asi diisap oleh bayi Anda.

5. Mengosongkan Payudara Ketika Menyusui

Dan terakhir adalah dengan mengosongkan payudara pada saat menyusui bayi. Supaya ASI kental dan banyak, Anda tentu harus perhatikan juga bagaimana cara menyusui yang baik dan benar. Anda harus menyusui pada kedua payudara dengan cara bergiliran. Meski belum habis coba di payudara satunya. Dan supaya menghasilkan ASI lebih banyak, biarkan bayi menghabiskan ASI di satu sisi dulu. Jika bayi masih saja lapar baru beri ASI yang satunya.

Jadi itulah beberapa cara agar ASI banyak dan kental. Selain makanan-makanan di atas, Anda bisa konsumsi suplemen juga supaya ASI Anda menjadi kental dan banyak. Tapi sebelum mengonsumsi, Anda tentu harus berkonsultasi dulu dan tanyakan langsung dengan dokter Anak mengenai suplemen apa yang harus dikonsumsi saat menyusui.
LihatTutupKomentar