Cara Mengusir Tikus Yang Membandel

Cara Mengusir Tikus Yang Membandel - Apabila kamu mendapati satu tikus di rumahmu, kamu harus segera bersiap - sedia untuk membasminya. Jika tidak, tikus - tikus tersebut akan berkembang dengan cepat dan membuat rumahmu dalam bahaya. Kamu pasti sudah tahu bahaya apa saja yang ditimbulkan oleh tikus. Mengusir tikus bukanlah hal yang mudah. Terkadang hewan pengerat ini susah sekali untuk diusir dan terkesan membandel. Tapi tenang dulu, sulit bukan berarti tidak bisa diusir lho. Berikut beberapa cara untuk mengusir tikus yang membandel :
Image Credit : Unsplash.com

1. Menjebak tikus dengan cara tradisional

Menjebak tikus menggunakan perangkap merupakan salah satu cara untuk mengusir atau pun menangkap tikus yang membandel. Kamus bisa membeli perangkap tikus ini di toko – toko hewan maupun pertanian. Model perangkapnya pun bervariasi ada yang model jepit, kurungan dan jungkat jungkit. Kamu hanya perlu menyesesuaikan perangkap mana yang bisa diaplikasikan dirumah mu. Dari setiap jenis perangkap tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing

2. Memanfaatkan Racun Tikus

Jika kamu merasa kerepotan dengan memasang perangkap, kamu bisa beralih memanfaatkan racun tikus. Kamu bisa membeli racun tikus di warung maupun toko pertanian. Pengaplikasiannya pun mudah tinggal pasang makanan tikus yang sudah diberi racun di tempat yang biasanya menjadi jalur tikus.

3. Memanfaatkan Bawang Merah

Aroma menyengat dan khas yang dikeluarkan bawang ternyata mampu membuat penciuman tikus terganggu. Cara mengusir tikus yang membandel dengan bawang cukup iris – iris bawang lalu taburkan di tempat – tempat tikus berada.

4. Kapur Barus dan Lem Tikus

Kapur barus dan lem tikus sudah dipercaya secara turun – temurun untuk mengusir tikus yang ada di rumah. Pengaplikasiannya pun cukup mudah hanya di taburkan atau di taruh di jalur – jalur tikus yang ada dirumahmu.

5. Membersihkan Rumah dari Sisa Makanan

Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan semua sisa makanan, serpihan – serpihan kotoran yang berserakan atau apa saja yang bisa mengundang perhatian tikus untuk dating ke rumah kamu. Perlu kamu ketahui bahwa, salah satu alasan tikus masuk dan berkembang biak di rumahmu untuk mendapat sumber makanan. Maka, bisa dikatakan jika bahya tikus di dalam rumah sangat bergantung pada bagaimana kamu menjaga kebersihan rumahmu.

6. Memelihara Kucing

Jika cara di atas kurang berhasil maka, kamu bisa menggunakan cara memelihara kucing dirumahmu. Kucing merupakan salah satu hewan pemangsa alami tikus. Dengan kamu memelihara tikus maka secara tidak langsung akan mengusir tikus – tikus yang membandel dirumahmu.
Itulah beberapa cara untuk mengusir tikus yang membandel dirumah. Semoga permasalahan tikus dirumahmu segera teratasi.
LihatTutupKomentar