Cara Menata Tanaman Agar Terlihat Rapi

Cara Menata Tanaman Agar Terlihat Rapi - Rumah merupakan salah satu tempat bernaung bagi seseorang. Rumah juga sering digunakan untuk sekedar menghabiskan waktu luang dengan aktivitas yang disukai. Agar suasana rumah semakin nyaman, banyak orang meletakkan tanaman sebagai dekorasi.
Goffytips
Cara Menata Tanaman Agar Terlihat Rapi
Cara menata tanaman agar rapi sudah banyak dipraktikkan, bersama dengan nilai estetikanya. Tanaman tidak hanya diletakkan di luar ruangan, melainkan juga cocok untuk memperindah bagian dalam rumah. Inilah beberapa cara untuk menata tanaman sehingga terlihat menarik.

1. Letakkan Pada Sudut Ruangan

Tanaman hias bisa diletakkan pada daerah yang berada di sudut - sudut ruangan. Sebagai contohnya bisa diletakkan di rak dinding, meja untuk kopi, atau nakas sebagai alas tanaman hiasnya. Sebenarnya bukan berarti tidak boleh meletakkannya di tengah ruangan. Tanaman yang memiliki ukuran lumayan besar bisa diletakkan di tengah sehingga menjadi pusat perhatian. Sedangkan tanaman berukuran kecil diposisikan di tiap sudut, sehingga setiap sisinya dipercantik oleh tanaman.

2. Mengelompokkan Tanaman

Kelompokkan tanaman yang ada dengan prinsip piramida ganjil. Piramida biasanya berukuran lebar di bagian paling bawah, kemudian semakin ke atas semakin mengerucut. Pada tanaman di dalam pot, konsep ini bisa diterapkan dengan menempatkan tanaman yang ukurannya lebih besar di area belakang. Sementara itu yang lebih kecil berada di depannya, begitu seterusnya hingga mencapai bagian terdepan yaitu tanaman paling kecil.

Opsi lainnya adalah mengatur tanaman dari segi tingginya. Misalnya, tanaman yang lebih tinggi ditempatkan di paling kiri, kemudian menempatkan yang lebih rendah di sebelah kanannya. Begitu seterusnya hingga mencapai pojok kanan yaitu tanaman terpendek. Cara menata tanaman agar rapi ini menghadirkan kesan yang tertata dan proporsional, sehingga semua tanamannya bisa terlihat.

3. Menggunakan Pot Gantung

Memanfaatkan pot yang dapat digantung. Berbeda dengan pot biasa, pot jenis ini memberi tampilan yang berbeda dari tanaman hias. Keunggulan pot gantung yaitu, tidak memakan banyak tempat, sehingga rumah tidak terkesan sempit. Kepopulerannya menjadikan pot gantung mudah ditemukan di pasaran, contohnya pot macrame untuk gaya bohemian. Tanaman yang cocok untuk ditaruh dalam pot seperti ini adalah tanaman rambat. Jangan lupa untuk memangkasnya secara berkala agar tidak merambat hingga memenuhi ruangan.

4. Penyesuaian Ukuran Ruangan

Pertimbangkan ukuran ruangan sebelum meletakkan tanaman hias. Sebagai contoh, ruangan yang relatif kecil seperti kamar mandi bisa dihias dengan tanaman dan pot berukuran kecil misalnya kaktus dan sukulen. Hal ini agar ruangan tidak terasa sempit namun tetap cantik dengan hiasan natural. Sebaliknya untuk ruangan yang cukup besar dan merupakan pusat perhatian dapat dihias dengan tanaman yang lebih besar. Letakkan tanaman besar di bagian tengah, dipadukan dengan pot tanaman lain yang berukuran kecil sehingga terlihat seimbang.

5. Vertical Growing

Hias dinding yang kosong dengan tanaman. Konsep ini cocok untuk penghuni rumah yang tidak ingin mengeluarkan banyak biaya, karena medianya sudah tersedia yaitu dinding. Baik dinding dalam rumah maupun pagar bisa dihias dengan tanaman. Cara menata tanaman agar rapi ini memerlukan beberapa pot kecil untuk tanaman, kemudian secara teratur dikaitkan pada dinding.

6. Taman Buatan

Gunakan laci, rak, atau lemari bekas yang sudah tidak terpakai. Media ini bisa dijadikan sebagai tempat menyimpan tanaman dalam pot berukuran kecil dan menjadikannya taman mini. Selain unik, hal ini juga dapat meningkatkan kreatifitas. Lemari bekas bisa dihias, di cat ulang, atau dipoles sehingga tampak lebih indah.

Demikian informasi seputar cara menata tanaman agar rapi. Penataan yang tidak berlebihan, namun tetap mempertimbangkan aspek keindahan dan kenyamanan penghuninya. Nuansa alami yang dimiliki tanaman ternyata juga berperan terhadap kesejahteraan mental. Warna hijaunya membawa suasana yang dekat dengan alam dan tenang.
LihatTutupKomentar