5 Cara Plamir Tembok Supaya Cat Lebih Tahan Lama dan Tampilan Tembok Jadi Lebih Bagus

5 Cara Plamir Tembok Supaya Cat Lebih Tahan Lama dan Tampilan Tembok Jadi Lebih Bagus - Meskipun terlihat rumit, sebenarnya cara plamir tembok dapat dilakukan sendiri tanpa menggunakan jasa profesional. Plamir tembok sendiri adalah cairan putih yang umumnya terbuat dari campuran air, lem, dan kalsium. Fungsi pengaplikasian material ini adalah untuk memuluskan permukaannya yang umumnya tidak rata, bertekstur, maupun berlubang. Jadi, plamir bisa memperbaiki penampilan tembok serta mempermudah proses pengecatannya.
Cara plamir tembok supaya cat lebih tahan lama dan tampilan tembok jadi lebih bagus
Cara plamir tembok supaya cat lebih tahan lama dan tampilan tembok jadi lebih bagus 
Selain itu, masih banyak keuntungan yang didapat dari pengaplikasian plamir pada tembok sebelum melakukan pengecatan. Beberapa di antaranya adalah hasil pengecatan menjadi lebih rata, warnanya terlihat lebih bagus dan seragam. Kemudian catnya pun juga bisa menjadi lebih tahan lama. Apabila masih bingung mengenai bagaimana cara memplamir tembok, maka bacalah baik-baik uraian berikut ini:

1. Bersihkan Tembok

Pembersihan tembok bertujuan agar plamir dapat merekat dengan sempurna. Hal itu dikarenakan adanya debu maupun kotoran di tembok dapat mengurangi daya rekat plamir. Di samping itu, tekstur dari kotoran maupun debu bisa pula mengakibatkan permukaan tembok menjadi tidak rata. Kemudian jika tembok telah dicat sebelumnya, maka lakukan pengelupasan cat lamanya terlebih dulu agar proses pengecatan berikutnya bisa lebih sempurna.

2. Siapkan Plamir

Plamir tembok dapat dibeli di toko bangunan atau dapat pula dibuat sendiri di rumah. Membelinya di toko bahan bangunan terdekat tentunya akan mengurangi risiko kegagalan ketika membuatnya. Selain itu, harganya pun relatif murah jadi tidak perlu dikhawatirkan.

Namun apabila ingin membuat plamir tembok sendiri, maka campurkan 20 liter air ke dalam 1,5 kg pengeras semen. Aduk secara perlahan sampai benar-benar tercampur. Masukkan 2 kg kalsium, 1 kg lem, serta 1 kg semen putih. Sesudah itu, aduk lagi sampai rata. Untuk kebutuhan yang lebih banyak, cukup tambahkan takarannya sesuai dengan kebutuhan.

3. Aplikasikan Plamir Tembok

Ini adalah langkah inti dari cara plamir tembok. Pertama, taruh plamir ke dalam sebuah wadah supaya lebih gampang dipakai. Gunakanlah kape, yakni sejenis alat dalam mengerok cat kering yang bagian utamanya adalah besi berbentuk segitiga. Oleskanlah plamir dari atas ke bawah supaya hasilnya lebih rapi serta rata. Pastikanlah lubang-lubang pada tembok tertutupi dengan sempurna semuanya.

Sesudah proses pengaplikasian plamir selesai, maka proses berikutnya ialah menunggu plamir tersebut hingga kering. Umumnya pengeringan tersebut membutuhkan waktu sekitar 24 jam agar plamir tembok benar-benar melekat sempurna.

4. Amplas Tembok

Jika tembok yang diplitur telah mengering dalam 24 jam, maka proses berikutnya adalah pengamplasan. Gunakan kertas amplas yang teksturnya tidak terlalu kasar sehingga plamir yang telah kering tak ikut terkelupas oleh amplas. Gosokkan amplas ke tembok secara hati-hati serta jangan sampai terlalu kasar. Lakukanlah pengamplasan di semua sisi tembok yang telah diberi plamir. Hal itu mempunyai tujuan supaya hasil akhirnya bisa lebih rata sekaligus lebih bagus.

5. Cek Hasil Akhirnya

Pengecekan hasil akhir tersebut dilakukan dalam rangka memeriksa lagi apakah permukaan tembok telah benar-benar rata. Jangan sampai masih terdapat lubang yang belum ditutup secara sempurna oleh plamir. Di samping itu, pastikanlah pula tekstur tembok tak bergelombang serta telah benar-benar halus. Apabila hasil akhirnya belum cukup bagus, ulangi kembali proses pengaplikasian plamir di permukaan-permukaan yang belum rata.

Demikianlah 5 langkah mudah dalam cara plamir tembok. Semua orang pasti bisa melakukannya sendiri di rumah. Hal itu dikarenakan pada dasarnya kunci keberhasilan dari pekerjaan ini adalah kesabaran, ketelitian, dan ketelatenan. Lakukanlah semuanya dengan sepenuh hati. Periksa dan pastikan hasil akhirnya sempurna. Jadi, dengan begitu, pengecatan tembok pun menjadi lebih mudah dan tahan lama.
LihatTutupKomentar