5 Cara Memasang Plafon PVC Anti Bocor

5 Cara Memasang Plafon PVC Anti Bocor - Plafon jenis PVC seringkali dipilih karena mempunyai banyak keunggulan. Bahan dari plafon ini cenderung lebih lentur, memiliki daya tahan kuat serta dinilai lebih ringan. Tidak hanya itu, jenis plafon ini juga hadir dengan berbagai desain menarik. Tidak heran jika banyak orang ingin tahu cara memasang plafon PVC di rumah tanpa harus mendatangkan tukang bangunan.
Cara memasang plafon PVC anti bocor
Cara memasang plafon PVC anti bocor
Cara memasangnya ternyata tidak serumit yang dibayangkan, karena pada dasarnya produk ini memang didesain lebih mudah dibanding kebanyakan jenis plafon lainnya. Selain praktis, jenis plafon PVC juga dinilai lebih ekonomis. Berikut langkah-langkah pemasangan plafon PVC dari awal hingga akhir:

1. Menyiapkan Alat Serta Bahan Pemasangan

Sebelum melangkah lebih jauh hal pertama yang harus dilakukan dalam memasang plafon PVC adalah menyiapkan segala peralatan serta bahan yang diperlukan. Adapun bahan yang harus disiapkan antara lain, rangka plafon seperti kayu maupun besi hollow, plafon PVC, paku, sekrup serta selang waterpass. Kemudian jangan lupa siapkan juga beberapa peralatan seperti bor berukuran 10 mm, cutter, gerinda/siku, meteran, palu, stop kontak dan mata bor untuk memasangkan sekrup.

2. Memasang Tahap Rangka

Cara memasang plafon PVC yang benar adalah dengan mempersiapkan rangka terlebih dahulu. Caranya yaitu ukur lalu tandai tinggi rangka tempat dimana plafon akan dipasang. Disarankan untuk tidak melebihi ring balok, sebab bagian ini merupakan dinding yang paling keras.

Dampak buruknya adalah dapat membuat paku yang digunakan bengkok. Kemudian gunakan selang waterpass agar terlihat lebih rata serta pastikan juga tinggi plafon tidak kurang dari 3 m. Jika dipasang semakin tinggi maka akan semakin baik. Lalu pasang rangka secara hati-hati serta pastikan sesuai dengan tanda yang tadi telah dibuat.

3. Memasang Plafon PVC Tahap List Profil

Apabila rangka telah selesai dipasang, langkah berikutnya yaitu memasang list profil. List profil ini akan dipasang tepat di bawah rangka yang sebelumnya dibuat. Pada bagian ini perlu menggunakan gergaji maupun gerinda untuk memotong list profil pada bagian sudut. Sebelum melakukan proses pemotongan, sebaiknya terlebih dahulu menggunakan pelindung badan yang aman untuk menghindari resiko buruk. Jika telah selesai pasang list, gunakan bor serta sekrup dengan jarak yang ditentukan yakni sekitar 30 sampai 50 cm.

4. Memasang PVC Tahap Papan

Pada tahap pemasangan ini diperlukan kesabaran yang lebih, sebab pemasangan papan harus dilakukan per satu lembar. Pasang papan tersebut menggunakan bor dan sekrup yang disediakan. Disarankan untuk memulai memasang dari sisi tepian tembok. Lalu masukkan juga list yang tadi telah dipasang. Tidak lupa untuk memasang bor serta sekrup di papan plafon PVC agar lebih kuat dan tidak bocor. Ulangi langkah ini hingga semua papan telah terpasang sempurna.

5. Membersihkan Sisa Pemasangan Plafon

Ini merupakan tahap terakhir tentang cara memasang plafon PVC. Pada tahap ini, semua papan telah terpasang sempurna, tinggal membersihkan sisa dari pemasangan. Pemasangan plafon harus dibersihkan dengan benar. Mengapa? Sebab, proses pemasangan ini meninggalkan beberapa partikel yang cukup berbahaya jika terkena mata atau tidak sengaja terinjak. Partikel sisa pemasangan plafon tersebut, biasanya berbentuk kecil dan runcing.

Demikianlah cara memasang plafon PVC yang baik dan benar. Meski banyak keunggulan, nyatanya plafon PVC juga memiliki kekurangan. Yakni membuat ruangan menjadi cepat panas terlebih jika dipasang dengan tinggi di bawah 3 meter. Namun jika dibandingkan, masih banyak keuntungan yang bisa didapatkan seperti memiliki fitur anti api serta permukaannya anti jamur.
LihatTutupKomentar