Cara Mengembalikan Warna Keramik yang Pudar dengan Lemon, Keramik Kusam Kembali Bersinar

Cara Mengembalikan Warna Keramik yang Pudar dengan Lemon, Keramik Kusam Kembali Bersinar - Buah lemon mungkin merupakan salah satu buah yang mudah ditemui di dapur atau kulkas pada kebanyakan rumah. Ada banyak manfaat dari buah kuning satu ini, mulai dari memasak, kesehatan, bahkan ada cara mengembalikan warna keramik yang pudar dengan lemon. Alasan lemon bisa digunakan untuk mengembalikan warna keramik yaitu karena terdapat zat anti bakteri pada lemon.
Cara mengembalikan warna keramik yang pudar dengan lemon
Cara mengembalikan warna keramik yang pudar dengan lemon
Jadi, lemon memiliki zat yang bisa membunuh kuman dan bakteri sekaligus menghilangkan bau yang kurang sedap. Selain itu sifat asam pada lemon bisa melunturkan lapisan kotoran yang selama ini membuat keramik pudar. Berikut ini adalah panduan menggunakan lemon untuk mengembalikan warna keramik yang pudar.

1. Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Ramuan campuran lemon memerlukan alat dan bahan yang sederhana. Cukup siapkan satu buah lemon, kemudian air yang sudah dihangatkan. Pastikan air yang digunakan jangan terlalu panas karena suhu yang tinggi bisa saja merusak asam lemon. Selain itu siapkan juga botol penyemprot untuk mempermudah proses pembersihan.

Terakhir adalah peralatan pel yang biasa digunakan. Sederhana sekali bukan alat dan bahan yang digunakan dalam proses ini? Siapapun pasti bisa menemukan alat dan bahan di atas dengan sangat mudah di rumahnya.

2. Buat Campuran Lemon

Tahap selanjutnya dari cara mengembalikan warna keramik yang pudar adalah membuat ramuan campuran lemon. Resep campuran ini sangatlah sederhana, tinggal peras buah lemon yang sudah disiapkan sebelumnya. Ekstrak sebanyak mungkin cairan yang bisa didapatkan dari satu buah lemon.

Kemudian tuangkan perasan buah lemon tersebut dalam botol penyemprot. Kemudian campurkan air hangat yang suam-suam kuku. Campurkan kedua cairan ini dengan perbandingan 1 : 3 pastikan untuk mendapatkan takaran yang pas agar hasil semakin maksimal. Setelah itu kocok sedikit botol agar kedua cairan tercampur.

3. Semprotkan Cairan pada Lantai yang Pudar

Setelah itu, ramuan lemon yang sudah jadi tersebut tinggal disemprotkan ke lantai keramik yang pudar. Setelah disemprot cairan jangan langsung dilap melainkan diamkan saja dulu selama beberapa saat. Biarkan cairan lemon bekerja untuk melunturkan segala bakteri dan lapisan kuman yang ada pada lantai keramik. Jangan injak atau melewati lantai yang sudah disemprot cairan lemon ini dulu.

4. Pel Lantai Hingga Bersih

Setelah kurang lebih 30 menit, pel lantai yang sudah disemprotkan cairan lemon tadi. Pel lantai dengan cara seperti biasanya saja hingga bersih. Setelah dipel, akan terlihat warna keramik akan semakin cerah dan jauh lebih bersih daripada sebelumnya. Saat mengepel lantai ini, pastikan cairan ramuan lemon yang disemprotkan sebelumnya sudah dibersihkan dan tidak ada yang tertinggal.

5. Lakukan Beberapa Kali Untuk Hasil yang Maksimal

Walaupun sudah terjadi peningkatan warna pada keramik dan keramik sudah jauh lebih bersih pada percobaan pertama. Lebih baik untuk melakukan proses ini beberapa kali agar mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan proses ini sekitar tiga hari sekali atau seminggu sekali pada lantai agar warna keramik cerah secara maksimal. Jika warna keramik dirasa sudah mencapai kecerahan atau tampilan yang diinginkan. Maka pemilik rumah bisa berhenti untuk mengulangi prosess ini.

Itulah cara mengembalikan warna keramik yang pudar dengan lemon. Ternyata tidak perlu repot-repot jika warna lantai keramik di Rumah pudar. Ada banyak cara untuk mengembalikan warnanya, bahkan bisa menggunakan bahan dapur sederhana seperti lemon.
LihatTutupKomentar