Cara Mengecat Tembok Motif Kotak Kotak, Bisa Dicoba di Rumah

Cara Mengecat Tembok Motif Kotak Kotak, Bisa Dicoba di Rumah - Walaupun sekilas terlihat rumit, namun sebenarnya cukup mudah untuk membuat motif kotak-kotak di tembok rumah. Cara mengecat tembok motif kotak-kotak bahkan hanya perlu alat dan bahan yang sederhana yang mudah ditemukan. Karena itu sangat memungkinkan bagi pemilik rumah untuk mengecat tembok rumahnya sendiri dalam motif kotak-kotak. Tidak perlu lagi yang namanya panggil tukang cat dan mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa pengecatan.
Cara mengecat tembok motif kotak kotak,  cat dinding motif kotak kotak,
Cara mengecat tembok motif kotak kotak
Mengecat dinding rumah bisa jadi proyek DIY atau Do It Yourself bagi para pemilik rumah. Maka, dengan adanya panduan dan ulasan di bawah ini, siapapun bisa membuat motif kotak-kotak di tembok rumah. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini:

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

Tentu saja, sebelum mengecat tembok rumah dan melakukan projek DIY ini. Pemilik rumah perlu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Seperti yang dibahas sebelumnya, alat dan bahan untuk mengecat tembok dalam motif kotak-kotak ini sangat sederhana. Pemilik rumah hanya memerlukan isolasi, cutter atau silet, kuas dalam berbagai macam ukuran, spons, pensil, dan tentu saja dua kaleng cat dengan warna yang berbeda sesuai dengan selera pemilik rumah.

2. Membuat Desain Kotak-Kotak

Setelah alat dan bahan sudah siap, tahap pertama mengecat tembok motif kotak-kotak ini adalah membuat desain dasar. Buatlah desain kotak-kotak dengan menggambarnya di tembok menggunakan pensil. Nah, agar garis kotak-kotak yang dibuat bisa lurus dan rapi gunakanlah waterpass.

Air dalam waterpass bisa menunjukkan apa garis yang kita buat sudah lurus atau belum. Karena biasanya penggaris saja tidak cukup untuk menunjukkan kemiringan garis. Buatlah kotak-kotak dengan ukuran dan jumlah sesuai dengan keinginan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan ukuran tembok dalam menentukan ukuran kotak.

3. Menempelkan Isolasi pada Garis

Untuk membuat proses mengecat semakin mudah dan motif kotak-kotak bisa terlihat semakin jelas. Tempelkan isolasi pada garis-garis desain yang sudah dibuat sebelumnya. Lebih baik jika isolasi dipasang pada sisi garis atau di luar garis. Jangan terlalu pas pada garisnya. Isolasi ini juga berfungsi agar dalam proses pengecatan nanti. Cat tidak mudah keluar dari garis, sehingga warna tidak belepotan dan pastinya terlihat jauh lebih rapi. 

4. Mulai Cat dari Bagian Dalam

Setelah isolasi sudah terpasang, proses pengecatan bisa dimulai. Pada tahap ini motif kotak-kotak pasti sudah terlihat jelas dengan garis isolasi yang ada. Lebih baik untuk mulai cat dari bagian dalam yang diisolasi. Mulailah dari bagian dalam kotak kemudian sampai ke pinggirnya. Gunakan kuas yang lebih lebar untuk bagian tengah dan kuas yang lebih kecil untuk mengisi bagian pinggir.

Selain itu mulailah dengan satu warna kemudian dilanjut dengan warna selanjutnya. Hal ini menghindari tercampurnya kuas yang bisa membuat warna jadi belepotan.

5. Tunggu Sampai Cat Kering

Jika semua kotak sudah terisi dengan warna, selanjutnya anda tinggal menunggu cat sampai kering. Pastikan cat kering secara merata baru lepas isolasi dari tembok. Karena jika isolasi dilepas sebelum cat kering merata. Mungkin saja ada sebagian cat yang terkena atau belepotan dari proses lepas isolasi ini. Jadi lebih baik untuk bersabar dan menunggu cat benar-benar kering. Setelah isolasi dilepas, akan terlihat jelas motif kotak-kotak pada tembok yang sudah dicat.

Itulah cara mengecat tembok motif kotak-kotak, ternyata sangat mudah bukan? Untuk menghasilkan motif kotak-kotak di tembok tidak serumit yang dikira. Bahkan bisa dilakukan sendiri dengan alat dan bahan yang benar-benar sederhana. Jadi jangan ragu untuk memulai projek DIY ini.
LihatTutupKomentar