Asah Kreatifitasmu Melalui Cara Mengecat Tembok Motif Garis 3D

Asah Kreatifitasmu Melalui Cara Mengecat Tembok Motif Garis 3D - Tembok ibarat kanvas yang bisa diperindah dengan berbagai motif. Mulai dari kegiatan yang lumrah dilakukan seperti mengecat, mengaci, hingga ada yang memilih untuk menggambar sendiri di temboknya. Seiring berkembangnya zaman, kreasi cat untuk tembok semakin kreatif, misalnya 3 dimensi.
GoffyTips
Photo by RhondaK Native Florida Folk Artist on Unsplash
Cara mengecat tembok motif garis 3D dan motif lainnya semakin banyak diterapkan untuk membuat tampilan yang keren. Tidak hanya unik, motif 3D juga membuat ruangan terasa seperti di dunia yang berbeda. Simak cara membuat kreasi menarik berikut:

1. Mempersiapkan Bahan

Sediakan alat serta bahan yang dibutuhkan. Mulai alat untuk membuat polanya yaitu penggaris, penghapus, pensil atau bolpoin. Siapkan juga cat, kuas dengan berbagai ukuran (usahakan yang cukup besar), wadah, serta kain lembut. Motif yang akan dibuat adalah garis yang akan membentuk kubus sehingga nantinya terlihat 3 dimensi seolah akan keluar dari temboknya.

2. Membuat Pola

Buatlah garis pada kertas kosong yang tersedia. Garis ini berbentuk persegi dengan panjang 18 cm serta lebar 16 cm. Buatlah dengan pensil terlebih dahulu sehingga jika miring bisa dihapus. Setelah ukurannya sudah benar dan rapi, tebalkan dengan bolpoin sehingga mudah dilihat. Berikutnya beri tanda pada tengah panjangnya, lalu garis menyamping sehingga terlihat bentuk kotak kecil di pinggir. Dari kotak ini, tarik garis menuju pojok kiri. Bagian kotak di sebelah kanan tadi digunting sehingga bentuknya akan menyerupai huruf L yang diputar 90 derajat ke kanan.

3. Menggambar Pola di Kardus

Tempelkan sepotong kardus pada pola di kertas tadi. Cara mengecat tembok motif garis 3D selanjutnya yaitu memberi tanda pada kardus agar sesuai polanya, lalu gunting. Potongan kardus inilah yang dijadikan acuan untuk menggambar pola 3 dimensi di tembok.

4. Menggambar Pola di Tembok

Gambarlah polanya mulai dari tengah untuk menjadi acuan. Buatlah hingga memenuhi seluruh area tembok yang ingin dicat dengan pola 3D. Setelah penuh, beri tanda garis miring dari bentuk kotak kecil menuju ke pojok kiri atas seperti pola yang dibuat di awal tadi. Totalnya akan ada tiga bagian. Bagian A, kotak kecil di sebelah kanan bawah. Bagian B, kotak miring di sebelah kiri dan bagian C, kotak di bagian atas.

5. Mengecat Tembok

Mulailah mengecat tembok dengan cat. Bagian pertama yang harus dicat adalah bagian B yaitu kotak di sebelah kiri Gunakan warna yang paling muda pada bagian ini, misalnya krem atau coklat muda. Cat dengan kuas yang sesuai secara perlahan supaya tidak keluar garis. Tunggu sampai kering supaya tidak tercampur dengan warna lainnya. Berikutnya, bagian C di cat dengan warna yang lebih gelap dan berbeda warna dasar. Misalnya memakai warna abu-abu. Sama dengan yang sebelumnya, cat dengan rapi kemudian tunggu sampai seluruh bagiannya mengering dengan sempurna.

Bagian terakhir untuk di cat adalah warna yang tertua, yakni bagian A yang merupakan kotak di kanan bawah. Bisa memakai warna hitam atau biru gelap. Warna yang gelap ini akan memberikan efek seperti menonjol keluar yang menimbulkan kesan 3 dimensi. Langkah terakhir ini disempurnakan dengan membiarkan cat kering, maka proses pengecatan sudah selesai.

Demikianlah cara mengecat tembok motif garis 3D dan bentuk lainnya yang bisa dilakukan pemula. Meski tidak mudah, aktivitas ini dapat mengasah kepekaan seni dan bisa menjadi pilihan yang cocok untung mengisi waktu di rumah. Prosesnya yang cukup lama membutuhkan ketelitian tinggi, namun setelah sudah jadi hasilnya akan sangat worth it dengan waktu dan tenaga yang dibutuhkan.
LihatTutupKomentar