Cara Menata Poster di Kamar Agar Terlihat Menarik

Cara Menata Poster di Kamar Agar Terlihat Menarik - Kamar merupakan tempat yang multifungsi. Tidak hanya sekedar tempat untuk beristirahat saja, kamar juga dapat menjadi ruang untuk diri sendiri dengan berbagai kesibukan dan hobi. Menata kamar dapat menjadi aktivitas menyenangkan sekaligus membuat ruangan terasa semakin nyaman, contohnya dengan cara menata poster di kamar yang tepat. Setiap orang tentu memiliki hal yang digemari, misalnya film, penyanyi, animasi, game, dan sebagainya. Agar poster yang ditempel membuat kamar semakin menarik, ikuti langkah berikut:
GoffyTips
Photo by Alabaster Co on Unsplash

1. Memilih Gambar Pada Poster

Pilihlah gambar yang berkualitas. Sesuaikan dengan dekorasi kamar, misalnya kamar dengan wallpaper yang sudah ramai dengan motif bisa ditempeli dengan poster yang nuansanya lebih simple. Perpaduan warna dan gambar yang terlalu ramai bisa membuat kamar terlihat penuh serta bisa terlihat tidak hidup. Intinya adalah menyesuaikan tampilan gambar pada poster sebelum memilihnya untuk dipasang di kamar.

2. Mengelompokkan Poster dan Buat Sketsa Peletakkannya

Buatlah perencanaan pada secarik kertas jika ingin menempelkan lebih dari satu atau banyak poster sekaligus. Cara menata poster di kamar berikutnya adalah membuat sketsa tata letak secara sederhana. Gunakan pensil sehingga dapat dihapus dan diganti sewaktu-waktu apabila ada ketidakcocokan. Buatlah pengaturan jarak yang tepat, bisa juga mengelompokkannya sesuai tema tertentu.

3. Memilih Alat untuk Memasang Poster

Sediakan bahan yang diperlukan untuk memasang poster. Biasanya poster utama yang berukuran besar dipasang dengan bingkai sehingga terkesan spesial. Pilihlah bingkai yang warnanya sesuai dengan gambar serta dekorasi dinding. Poster lainnya yang berukuran sedang hingga kecil bisa menggunakan alat lainnya seperti double tape, gantungan baju atau celana, washi tape, hingga busa atau kawat untuk menopang. Hal ini bisa disesuaikan dengan preferensi serta ukuran kamar.

4. Memasang Poster yang Paling Besar

Sediakan bingkai yang telah disesuaikan dengan ukuran poster yang akan dipasang di kamar. Cara menata poster di kamar ini merupakan yang paling banyak digunakan karena selain nampak kokoh, bingkai juga mampu menjaga poster dari debu serta mudah untuk dilakukan. Ambil poster yang terbaik kemudian masukkan ke dalam bingkai perlahan agar hasilnya rapi. Setelah selesai, pasangkan bingkainya ke dinding.

Ada dua cara untuk memasang bingkai ini, yang pertama yaitu dengan menancapkan bingkainya pada paku yang sudah ditancapkan di tembok sebelumnya. Cara yang kedua yaitu mengikat tali di lubang bingkainya, kemudian menggantungkan bingkai menuju paku yang ada di tembok. Sebaiknya pilihlah gambar yang berukuran besar terlebih dahulu agar menjadi patokan untuk poster lainnya untuk ditempel di sekitarnya. Poster besar ini akan menjadi pusat perhatian sehingga pilihlah yang terbaik.

5. Menempatkan Poster Kecil

Susun poster yang berukuran lebih kecil dengan penataan sesuai selera. Apabila ingin menampilkan kesan modern, penempatan acak berkelompok merupakan pilihan yang cocok. Hal ini tentunya disesuaikan dengan selera pribadi. Cara menata poster di kamar ini membutuhkan ketelatenan agar hasilnya terlihat rapi dan proporsional. Tidak ada bagian yang miring, jarak yang terlalu dekat atau jauh. Pastikan juga posisi dari bingkainya lurus.

Sebaiknya tidak memasang poster di dekat jendela, hal ini karena jendela terhubung dengan dunia luar misalnya pemandangan lingkungan luar rumah dengan pepohonan, rumput, dan lain sebagainya. Meletakkan poster di dekatnya bisa mengurangi kesan alami dan mengganggu persepsi pemandangan yang ditimbulkan.

Itulah beberapa cara menata poster di kamar yang bisa dicoba untuk membuat kamar tampak menarik. Penghuni kamar bisa melakukan penataan sesuai selera, namun tentu perlu memperhatikan aspek keindahan sehingga poster bisa menambah kenyamanan suasana kamar dan bukan sebaliknya.
LihatTutupKomentar