Cara Mengatasi Tembok Lembab Supaya Tembok Rumah Terlihat Bersih dan Indah

Cara Mengatasi Tembok Lembab Supaya Tembok Rumah Terlihat Bersih dan Indah - Permasalahan tembok lembab saat ini menjadi momok menakutkan bagi pemilik rumah. Sebab, tembok yang lembab rentan terkena air ketika cuaca sedang hujan. Selain itu, tembok yang lembab dapat menyebabkan tembok terlihat kusam dan jelek. Namun, penghuni rumah tidak perlu cemas. Sebab, berikut ini adalah cara mengatasi tembok lembab:
Cara mengatasi tembok lembab supaya tembok rumah terlihat bersih dan indah
Cara mengatasi tembok lembab supaya tembok rumah terlihat bersih dan indah

1. Melakukan Pemeriksaan Pada Tembok yang Lembab

Sebelum penghuni rumah mencari solusi mengenai masalah tembok yang lembab. Sebaiknya, penghuni rumah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada tembok yang lembab. Tujuannya, agar penghuni rumah bisa membuat solusi yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan dinding lembab. Hal tersebut dikarenakan tembok  lembab bisa di sebabkan oleh berbagai hal, sehinggga memerlukan penanganan yang tepat.

2. Mencuci Tembok dengan Campuran Air dan Cairan Penghilang Jamur

Apabila, penghuni rumah sudah melakukan pemeriksaan dengan teliti. Langkah selanjutnya, pemilik rumah bisa mencuci tembok dengan campuran air dan cairan penghilang jamur. Alasannya, supaya tembok terhindar dari ancaman jamur yang menjadi salah satu penyebab tembok yang lembab. Selain itu, pemilik rumah harus mencucinya secara rutin. Adapun, waktunya minimal seminggu sekali. Tujuannya, agar tembok tidak dihinggapi jamur dan  terlihat bersih.

3. Melapisi Tembok dengan Cat Tahan Air

Cara ketiga, yang bisa dikerjakan oleh pemilik rumah untuk mengatasi masalah tembok yang lembab adalah melapisi tembok rumah dengan cat tahan air. Agar hasilnya lebih sempurna pemilik rumah dapat mengkombinasikan cat tahan air dengan cat tembok lainnya. 

Adapun takarannya sebanyak 1 ember kecil cat tembok dengan 1 ember kecil cat tahan air. Setelah itu, penghuni rumah dapat mengoleskan kedua kombinasi cat tersebut, pada bagian tembok yang lembab secara merata. Hasilnya, tembok akan terlindungi dari lembab yang berlebihan. 

4. Mengecat Kembali Bagian-Bagian Tembok yang Lembab

Mengecat kembali bagian-bagian tembok yang lembab merupakan salah satu cara mengatasi tembok lembab. Langkah tersebut, banyak dipraktekkan oleh pemilik rumah. Alasannya, mengecat kembali bagian tembok yang lembab lebih mudah untuk dipraktekkan.

Selain itu, mengecat bagian tembok yang lembab lebih efektif untuk mengatasi masalah tembok yang lembab. Asalkan, jamur yang menempel di tembok dibersihkan terlebih dahulu.

5. Memasang Keramik di Tembok Rumah

Apabila keempat cara yang sudah dibahas sebelumnya belum berhasil mengatasi tembok rumah yang lembab, maka solusi terakhir adalah pemilik rumah wajib untuk memasang dinding di tembok rumah. Supaya, rumah terhindar dari bahaya dinding yang lembab, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi sebelum memasang keramik di tembok rumah. Lalu, apa saja aturan memasang keramik di tembok rumah. Inilah aturan lengkapnya:
  • Menggunakan semen yang hanya dipakai untuk dinding. Alasannya, agar semen dapat merekatkan keramik dan tembok. Pastikan, tidak ada celah bagi air untuk memasuki tembok. 
  • Supaya keramik dapat melekat dengan tembok secara sempurna, lapisi keramik dengan semen secara merata
  • Terakhir, selain berfungsi untuk mengatasi lembab pada tembok, pemasangan ubin juga dapat membantu mempercantik tembok rumah. Adapun, syaratnya adalah pemilik rumah harus memilih ubin yang tepat. Agar tembok rumah terlihat indah.
Demikian, pembahasan tentang cara mengatasi tembok lembab. Semoga isi artikel di atas dapat menjadi alternatif solusi, bagi orang yang mengalami masalah tembok rumah yang lembab. Hasilnya, dapat membuat tembok rumah menjadi terlihat bersih dan indah.
LihatTutupKomentar