Cara Memilih Pot yang Baik Untuk Tanaman Hias di Rumah

Cara Memilih Pot yang Baik Untuk Tanaman Hias di Rumah - Siapa yang tidak terpikat dengan tanaman hias yang memiliki bentuk dan warna unik serta mampu memukau setiap orang yang melihatnya ? Kepopuleran tanaman hias terus ada setiap tahun dengan jenis tanaman yang terus berganti. Perhatian yang dibutuhkan dalam proses merawatnya seperti bagaimana cara memilih pot yang baik untuk tanaman hias menjadi tantangan tersendiri.
Cara Memilih Pot yang Baik Untuk Tanaman Hias di Rumah
Cara Memilih Pot yang Baik Untuk Tanaman Hias di Rumah
Sebagai pemilik yang mempunyai tanaman hias pasti akan selalu rutin setiap hari menyiram atau menilai kesehatan tanaman yang dimilikinya. Biasanya pemilik meletakkan tanaman hias pada media tanam seperti pot, namun apakah jenis pot yang digunakan benar?. Simak yuk bagaimana cara memilih pot yang baik untuk tanaman hias agar mempermudah dalam proses perawatannya :

1. Pastikan Bahan Pot yang Akan Digunakan

Pertama ketahui sifat tanaman yang dimiliki agar dapat menentukan bahan pot yang akan dipilih. Berbagai bahan yang digunakan dalam membuat pot biasanya terdiri dari plastik, tanah liat, kayu, dan sebagainya. Ketahui sifat bahan yang akan digunakan, misalnya seperti pot tanah liat yang lebih cocok untuk tanaman yang tahan dengan suhu kering karena udara dapat masuk secara bebas.

2. Perhatikan Volume dan Ukuran Tanaman

Rencana juga diperlukan dalam menata tanaman hias, sebab semakin besar tanaman maka akan butuh pot yang lebih besar juga. Pilih pot setidaknya dua hingga tiga kali lipat dari tanaman yang akan diletakkan di dalamnya. Hal ini harus diukur terlebih dahulu sebab tanaman membutuhkan ruang yang lebih luas agar dapat mengolah makanannya dan tumbuh dengan cantik.

3. Pilih Jenis Tanaman yang Sesuai dengan Pot

Kembali lagi seperti pembahasan sebelumnya bahwa pemilik harus memiliki rencana dan pengetahuan yang cukup mengenai jenis tanaman yang akan dimiliki. Misalnya tanaman bonsai akan lebih baik menggunakan pot dengan bahan keramik, porselen, atau tanah liat. Tentu saja pot yang dipilih tanaman bonsai akan berbeda dengan pot yang akan digunakan untuk tanaman bunga seperti mawar.

4. Sesuaikan dengan Tujuan Penempatan

Langkah selanjutnya yang dapat dipertimbangkan adalah melihat ruangan atau halaman yang dapat menjadi tempat pot itu sendiri. Perlu diperhatikan bahwa pot yang terlalu besar dalam ruangan akan mengganggu dan membuat rumah terlihat sempit. Sebaliknya, tanaman hias dengan pot kecil yang disusun dengan rapi. Dengan begitu akan menambah kesan alami pada rumah.

5. Pilih Bentuk Pot yang Sesuai dengan Tanaman

Berbagai macam bentuk pot dapat menjadi kepuasan tersendiri bagi pemilik tanaman dalam memilih mulai dari bulat menggelembung hingga seperti vas tinggi yang cantik. Akan tetapi pemilik harus selektif dalam menentukan bentuk pot karena kesehatan tanaman dapat dipengaruhi oleh hal tersebut.

Misalnya bagi tanaman yang memiliki akar pendek tidak dianjurkan ditanam pada pot tinggi sebab penyerapan air akan sulit. Pada sisi lain, tanaman yang memiliki akar panjang cocok untuk menggunakan pot manapun sebab, lebih mudah menjangkau air. Pemilik harus memperhatikan hal tersebut sebagai antisipasi apabila tanaman ditinggal pergi dan tidak mendapatkan asupan air yang cukup.

6. Sesuaikan Desain dan Motif Pot yang Dimiliki

Selanjutnya yaitu, sesuaikan desain dan motif pot yang dimiliki. Pilihlah pot dengan motif  sederhana dan polos yang mana cocok dengan latar belakang ruangan atau halaman rumah.

Setelah mengetahui jawaban dari bagaimana cara memilih pot yang baik untuk tanaman hias tentunya, kini para pemilik tidak perlu bingung lagi untuk memilih pot. Terlebih ada beberapa pot yang dapat sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Kini, tinggal pemilik tanaman saja menimbang dan mengambil keputusan sesuai rencana serta sifat tanaman hias yang dimiliki.
LihatTutupKomentar