Cara Menata Warung Sembako, Dijamin Pelanggan Akan Betah Belanja

Cara Menata Warung Sembako, Dijamin Pelanggan Akan Betah Belanja - Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa warung sembako masih menjadi bisnis yang cukup menjanjikan hasilnya di Indonesia. Walaupun banyak supermarket dan minimarket mulai menjamur namun, warung sembako masih tetap menjadi tujuan utama banyak orang saat berbelanja. Oleh sebab itu, kesempatan ini harus dimanfaatkan benar oleh pemilik toko dengan mengetahui cara menata warung sembako yang baik.
Cara menata warung sembako
Cara menata warung sembako
Penataan warung sembako yang baik, rapi, dan memanjakan mata dapat membuat para pelanggan semakin betah berbelanja. Akan tetapi, aspek ini seringkali diabaikan oleh para pemilik warung sembako, apalagi warung sembako yang memiliki banyak barang. Berikut ini adalah cara untuk menata warung sembako untuk tampilan warung yang lebih nyaman:

1. Cat Warung dengan Warna Cerah

Sebelum menata bagian dalam warung sembako, hal pertama yang perlu pemilik warung lakukan adalah mengecat tembok warung terlebih dahulu. Usahakan untuk mengecat dengan warna yang cerah yang bisa membuat warung lebih menonjol. Jangan remehkan kekuatan warna cerah pada warung ini. Memberi warna cerah pada warung sembako bisa memberikan kesan bersih pada warung.

Berkebalikan dengan warna cerah, warna yang gelap bisa memberikan kesan yang rungsep dan kotor pada warung sembako. Tentu saja, hal tersebut membuat pembeli tidak akan betah untuk belanja berlama-lama.

2. Memisahkan Barang Sesuai dengan Kategorinya

Cara menata warung sembako selanjutnya adalah memisahkan atau pengelompokan barang sesuai dengan kategorinya, sebelum menatanya di display atau tempat penyimpanan. Mengelompokkan barang sesuai dengan kategorinya bisa membantu pemilik untuk menata barang dagangannya. Selain itu, juga dapat memudahkan pembeli untuk mencari barang yang ingin dibeli serta dapat meningkatkan nilai estetika toko. Hal tersebut dikarenakan barang yang dijual akan terlihat lebih rapi dan teratur.

3. Menggunakan Etalase dari Kaca

Etalase kaca merupakan solusi tepat untuk memajang barang dagangan. Selain tetap terjaga kebersihannya, penggunaan etalase kaca juga berfungsi untuk menjaga keawetan barang dagangan. Etalase kaca membuat tampilan toko semakin bersih dan memudahkan para pembeli untuk melihat barang yang ingin dibelinya. Jangan lupa untuk menata barang-barang dengan rapi pada etalase toko. Jangan biarkan barang dagangan terlihat berantakan ya.

4. Memajang Beberapa barang Dagang di Depan Toko

Selain penggunaan etalase kaca, pemilik warung juga bisa memajang beberapa barang dagangannya di depan toko. Barang dagangan bisa digantung atau diletakkan di atas meja dalam keranjang. Hal ini bisa disesuaikan dengan tipe barang yang dipajang. Walaupun dipajang di luar toko, pastikan barang tersebut masih dalam jangkauan pandang ya. Karena mungkin saja ada orang usil yang mencuri barang dagangan yang dipajang.

5. Membersihkan Toko Secara Rutin

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah kebersihan toko. Percuma walaupun toko sudah ditata rapi, barang dagangan juga sudah disusun sesuai kategori, warna tembok pun sudah cerah dan menyenangkan akan tetapi tokonya penuh dengan sampah. Bisa - bisa para pelanggan enggan untuk berkunjung ke toko. Karena itu sangat penting untuk membersihkan toko secara rutin jika perlu pemilik toko harus menerapkan jadwal membersihkan toko sesuai dengan kebutuhan. Toko yang bersih dan rapi dipastikan akan membuat para pembeli semakin betah untuk berbelanja.

Itulah cara menata warung sembako agar pelanggan semakin betah dalam berbelanja. Inti dari warung sembako yang baik adalah kebersihan, kerapihan dan keteraturan. Walaupun barang dagangan yang dijual lengkap dan bervariasi. Namun orang jadi tidak tertarik untuk membeli apabila barang-barang dagangan tersebut tidak ditata dengan baik. Karena itu jadikan cara di atas sebagai panduan agar warung sembako semakin menarik.
LihatTutupKomentar