Jadi Tren Interior Rumah, Berikut Panduan Lengkap Cara Pasang Vinyl Lantai yang Mudah Diterapkan

Jadi Tren Interior Rumah, Berikut Panduan Lengkap Cara Pasang Vinyl Lantai yang Mudah Diterapkan - Banyak orang yang bosan dengan penataan interior di rumahnya. Barangkali, memasang vinyl lantai dapat menjadi solusi alternatif agar interior tampil baru dan terlihat elegan. Untuk mengubahnya, harganya cukup ramah di kantong daripada lantai kayu dan banyak jenis, corak, dan warna yang dapat dipilih. Tidak heran, jika tren memasang vinyl cukup diminati di Indonesia. Cara pasang vinyl lantai di rumah juga sangat mudah, bahkan pemasangan dapat dilakukan sendiri tanpa memerlukan bantuan tukang.
Cara pasang vinyl lantai yang mudah diterapkan
Cara pasang vinyl lantai yang mudah diterapkan
Jika tertarik memasang vinyl, persiapkan beberapa hal diantaranya yaitu menentukan ruangan yang akan dipasangi vinyl hingga ukuran ruangan yang akan dipasang vinyl harus ditentukan. Langsung saja, berikut panduan cara memasang vinyl lantai:

1. Mengisi Sela-Sela Keramik

Sebelum pemasangan dimulai, jangan lupa untuk memastikan bahwa lantai telah bersih dari debu dan kotoran serta luas lantai sudah ditentukan dengan benar. Untuk mempermudah pemasangan, seluruh perabotan yang ada di ruangan sebaiknya dikeluarkan terlebih dahulu.

Jika semua sudah siap, maka isi sela-sela keramik rumah dahulu agar permukaan menjadi lebih rata, tidak bergelombang, serta tidak ada lubang. Caranya, lakukan compound lantai dengan memasang nat pada sela-sela keramik. Tunggu hingga compound kering dan permukaannya diratakan kembali.

2. Memasang Vinyl Lantai dalam Posisi Terbalik

Selanjutnya, pasang vinyl lantai dalam posisi terbalik serta pastikan vinyl yang terpasang sudah rata di semua lantai ruangan. Jika semua sudah tersusun dengan baik, maka langkah berikutnya yaitu dengan memberikan lem diatas permukaan vinyl. Ratakan secara perlahan lem pada permukaan vinyl.

3. Memberikan Lem di Atas Permukaan Lantai yang Telah di Compound

Jika lantai yang telah di compound kering, selanjutnya yaitu tuangkan lem diatas lantai. Proses pemberian lem ini dapat dilakukan menggunakan kuas cat. Supaya tidak terjadi penguapan zat perekat yang dapat menyebabkan timbulnya gelembung, maka perekatan vinyl harus menunggu beberapa menit. Gunakan lem berkualitas yang bisa dibeli di toko bangunan. Tuangkan lem secara merata dari sudut ruangan.

4. Memasang Vinyl ke Lantai

Cara pasang vinyl lantai di rumah berikutnya adalah memasangnya di permukaan lantai. Proses pemasangan vinyl dilakukan sambil memukul-mukul vinyl dengan palu atau rolling pin, supaya vinyl terpasang dengan benar dan kuat pada keramik. Noda lem yang terkena permukaan atas vinyl dapat dilakukan dengan menggunakan lap basah. Letakkan vinyl satu persatu secara berurutan dan posisinya sudah tepat agar tidak tergeser dan lem ikut melekat sempurna.

5. Proses Pemotongan

Pastikan tidak ada bagian vinyl yang terlalu panjang, jika ada maka vinyl yang ukurannya lebih dari keramik ruangan dapat dipotong dengan cutter tajam. Untuk memotongnya harus dilakukan dengan rapi agar lantai tampak bagus dan elegan. Hati-hati saat melakukan proses pemotongan ini.

6. Proses Finishing

Langkah terakhir pemasangan vinyl adalah memeriksa kembali vinyl yang sudah dipasang di lantai. Cek dengan jeli agar bagian yang terpasang tidak ada kekurangan. Jika ditemukan permukaan yang kurang merata maka, tuangkan lem ke permukaan vinyl dan memukulnya dengan palu agar pemasangan sempurna dan rapi.

Itulah 6 cara memasang vinyl lantai di rumah yang dapat dilakukan dengan gampang dan membuat ruangan tampak lebih indah dan elegan. Selain itu, vinyl juga sangat mudah dirawat dan diterapkan. Untuk merawat vinyl hanya perlu disapu dan dipel saja. Bahkan, vinyl awet digunakan hingga belasan tahun. Corak, jenis, dan warna yang dihadirkan juga sangat beragam. Jika tertarik ingin memasangnya, biayanya sangat ekonomis dan dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa ribet.
LihatTutupKomentar