Identik Panas dan Pengap, Berikut Cara Menata Kamar Kos yang Sempit agar Terlihat Luas

Identik Panas dan Pengap, Berikut Cara Menata Kamar Kos yang Sempit agar Terlihat Luas - Sebagian besar para perantau memilih hidup di kamar kos. Biaya terjangkau menjadi salah satu alasan mengapa kamar kos lebih dipilih. Namun, umumnya fasilitas yang tersedia terbatas, utamanya ukuran ruangannya yang cenderung sempit. Jika mempunyai kamar sempit pasti banyak yang mengeluhkan ruangan panas, pengap, dan ruang gerak yang terbatas. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menata kamar kos yang sempit agar terlihat luas dengan mudah dan terlihat rapi. Berikut cara menyulap kamar kos sempit agar terlihat luas :
Cara Menata Kamar Kos yang Sempit agar Terlihat Luas
Cara Menata Kamar Kos yang Sempit agar Terlihat Luas

1. Memperbanyak Floating Shelves untuk Menaruh Barang

Banyak rak di kamar kos hanya membuatnya terlihat makin sempit. Dari pada membuang banyak uang untuk membeli rak lebih baik memperbanyak floating shelves atau rak dinding. Floating Shelves cocok digunakan untuk kamar kos yang berukuran minimalis. Rak dinding melayang ini dapat menampung banyak barang dan mudah dipasang. Simpel dan tidak memakan ruang, bukan?

2. Mengatur Perabotan Merapat ke Dinding

Selanjutnya, perabotan yang ada di kamar dapat dirapatkan ke dinding. Cara ini dapat membuat tengah ruangan menjadi luas, lebar, dan membuat leluasa bergerak. Jangan lupa untuk memilih warna yang menjadikan kamar minimalis terlihat luas dengan warna yang kalem dan terang seperti putih, abu-abu, warna pastel, dan lain-lain.

3. Memilih Kasur Tingkat

Cara menata kamar kos yang sempit agar terlihat luas selanjutnya dapat dilakukan dengan menyiasati kamar kost ukuran minimalis dengan menjadikan kasur tingkat sebagai tempat tidurnya. Cara ini dapat menghemat ruangan dan menjadikan ruangan di bagian bawah untuk tempat yang lain seperti ruang santai, ruang kerja, dan lain-lain. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan kasur tingkat, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa jarak langit-langit kamar sudah mencukupi.

4. Memanfaatkan Tempat di Bawah Tempat Tidur

Memiliki ukuran ruangan yang sempit membuat banyak orang mencari cara kamar kosnya dapat menampung banyak barang dan penataannya rapi dan nyaman. Bagian bawah tempat tidur dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang, misalnya dengan meletakkan laci plastik yang bisa memuat banyak barang. Namun, jangan lupa untuk rutin membersihkannya.

5. Meletakkan Cermin Besar di Pojok Ruangan

Jika memiliki cermin berukuran besar, sebaiknya menaruhnya di pojok ruangan. Cara ini dapat membuat ruangan terlihat luas dan lebar. Hal ini dikarenakan pantulan bayangan dari kaca memberikan pengaruh pada ruangan tampak lebih lebar hingga dua kali lipat.

6. Memilih Dipan Custom

Menyiasati kamar kos yang sempit juga dapat dilakukan dengan memakai dipan custom. Meskipun harganya jauh lebih mahal, namun dipan custom dapat menjadi salah satu solusi untuk menyiasati kamar kos sempit. Dipan custom bukan hanya berfungsi sebagai tempat tidur, namun di bawah tempat tidur dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang seperti sepatu, dokumen penting, mainan, sprei, pakaian, dan lain-lain.

7. Pilih Kamar Kos yang Memiliki Jendela

Suasana kamar kos yang ukurannya sempit seringkali panas dan pengap. Supaya tetap nyaman dan betah di kamar. Pilih kamar kos yang mempunyai jendela. Hal tersebut dapat membuat sirkulasi udara dan cahaya matahari masuk. Selain itu, keberadaan jendela juga membuat kamar terkesan lebih lebar dan luas.

Itulah 7 cara menata kamar kos yang sempit agar terlihat luas dengan mudah dan membuat nyaman penghuni kamar. Cara tersebut dapat diterapkan di kamar kos yang minimalis agar kondisi kamar kondusif. Jangan lupa menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan jika ingin memperindah ruangan, ya!
LihatTutupKomentar