Cara Memasang Grc Untuk Dinding dengan Mudah

Cara Memasang Grc Untuk Dinding dengan Mudah - Bagi seseorang yang sudah memiliki penghasilan cenderung memiliki impian untuk membuat sebuah rumah impian. Rumah yang indah cenderung memiliki dekorasi, tata letak ruang dan dinding yang elegan dan mewah. Seorang arsitek tentunya sudah mengetahui bagaimana cara memasang GRC untuk dinding agar bisa membuat ruangan terlihat rapi.
GoffyTips
Photo by Simone Impei on Unsplash
Maka, dengan menggunakan GRC platform, dinding akan terlihat lebih halus dan bisa menghindari adanya lembab yang menyebabkan jamur. Tidak hanya itu dengan menggunakan GRC, pemilik rumah juga bisa lebih menghemat pengeluaran biaya. Berikut ini adalah cara memasang GRC dengan mudah dan anti ribet:

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai dalam pemasangan, pemilik harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam pemasangan. Peralatan ini berfungsi untuk membantu, mempermudah, dan menyelesaikan perakitan secara benar. Alat bantu yang dibutuhkan disini bisa dicari di tempat bangunan atau gudang rumah.

Beberapa alat yang digunakan seperti palu, paku, kronis, scrap, ember, dan ditambah dengan perlengkapan cat tembok. Cat tembok digunakan untuk membuat plaster GRC terlihat lebih natural dan menyatu satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk siapkan air untuk cat dan bisa ditambah perkakas bangunan lainnya.

2. Membersihkan GRC

Sebelum ke langkah selanjutnya, periksa kembali perlengkapan yang ada. Apakah sudah tersedia atau belum. Hal ini sangatlah penting dikarenakan jika ada perlengkapan yang kurang  tentunya akan mengganggu jalannya proses pemasangan GRC. Setelah itu bisa membersihkan GRC terlebih dahulu, agar debu – debu yang ada tidak membuat ruangan menjadi kotor. Bersihkan juga dinding yang akan ditempel GRC, bisa menggunakan sapu dinding atau alat pembersih lainnya.

3. Mengukur dan Memasang Kepingan GRC

Cara memasang GRC untuk dinding yang ketiga adalah menyiapkan satu keping terlebih dahulu GRC yang akan di tempel di dinding. Pemilik bisa mengukur lebar dan tinggi dari GRC menggunakan meteran bangunan yang sudah disiapkan sebelumnya. Saat mengukur GRC juga bisa mengukur ke tembok yang akan dipasang agar bisa menjadi sebuah gambaran.

Pengukuran ini sangat bermanfaat untuk menghindari terjadinya ketidakrapian saat pemasangan dilakukan. Jika terasa sudah sesuai, bisa langsung memasang satu keping GRC dengan menggunakan paku yang memiliki ukuran sedang. Dalam memasangkan paku ke GRC, lebih baik diberikan jarak sekitar 5 – 7 CM, agar mengurangi resiko patah atau lepas.

4. Memasang Secara Menyeluruh

Pada saat pemasangan, pastikan bahwa pemilik sudah mengukur antara dinding dan Plester sesuai yang berarti tidak kurang. Jika ada kekurangan sedikit di bagian dinding, pemilik bisa memotong sebagian untuk menutupi ruang kecil tersebut. Ketika memasang jangan berikan jarak diantara GRC satu dengan lainnya, buatlah serapat mungkin.

Alasan mengapa harus dipasang serapat mungkin adalah untuk menghindari kejelasan sambungan dan akan jauh lebih rapi. Setelah semuanya terpasang bisa ditambahkan zat kronis untuk menutupi sambungan yang ada pada dinding. Berilah sedikit demi sedikit agar tidak terlalu mencolok dan menempel di tembok.

5. Mengecat Tembok

Langkah terakhir dalam pemasangan adalah memberikan warna pada dinding yang sudah di pasang GRC. Tapi sebelum memulai pengecatan dinding, tunggu sampai zat kronis sampai benar – benar mengering. Setelah dirasa sudah kering, bisa ditambah warna sesuai dengan tema atau selera yang akan digunakan agar terlihat lebih indah.

Itulah lima cara memasang GRC untuk dinding yang bisa dilakukan untuk membuat dekorasi rumah lebih rapi dan elegan. Pada setiap pemasangan GRC harus dipastikan bahwa paku yang digunakan kuat agar tidak mudah goyang. Untuk membuat ruangan lebih terang dan cerah bisa menggunakan warna-warna yang soft dan cerah.
LihatTutupKomentar