Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Dapur

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan dapur sepertinya menjadi salah satu cara yang yang banyak dilakukan orang-orang saat ini. Banyak orang tertarik untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan dapur karena selain aman, beberapa bahan dapur juga dinilai efektif untuk membantu mencegah, mengobati bahkan menghilangkan bekas jerawat.
Image Credit : Unsplash.com

Jerawat sendiri bisa terjadi pada siapa saja baik wanita maupun pria. Dan jerawat umumnya memiliki bentuk benjolan dan berwarna merah. Biasanya jerawat akan muncul di wajah, leher, punggung hingga bahu. Jika Anda ingin mengatasi masalah jerawat, sebenarnya Anda bisa menggunakan obat-obatan yang bebas didapatkan di toko kecantikan. Tapi sayangnya selain harganya lebih mahal, terdapat berbagai efek samping di dalamnya seperti wajah menjadi lebih kering, iritasi dan kemerahan.

Jiak Anda tidak ingin memakai obat karena kandungan bahan kimia di dalamnya, Anda bisa hilangkan jerawat beserta bekasnya dengan menggunakan bahan alami seperti bahan-bahan yang ada di dapur Anda. Dan berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan dapur yang perlu Anda ketahui:

1. Menggunakan Kunyit

Untuk cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan kunyit. Sepertinya kunyit memang menjadi bahan dapur yang paling efektif dalam membantu mengatasi permasalahan kulit. Kunyit memiliki kandungan antibakteri yang dapat mencegah jerawat dan perkembangannya. Tidak hanya itu, sifat anti inflamasi yang ada pada kunyit juga bisa membantu mengatasi peradangan. Anda bisa campurkan kunyit dan susu kemudian membuatnya menjadi pasta baru oleskan ke area yang sakit.

2. Menggunakan Kayu Manis

Selain itu, Anda juga bisa gunakan kayu manis untuk membantu mengatasi masalah jerawat di wajah. Kayu manis memiliki sifat antibakteri sehingga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Jika Anda ingin menggunakan kayu manis ini, maka Anda bisa mencampurkannya dengan madu. Karena memang campuran kayu manis dan madu ini dinilai sangat efektif untuk melawan bakteri yang terdapat pada wajah. Anda bisa campurkan madu dengan kayu manis supaya membentuk pasta. Pasta ini bisa dioleskan ke wajah sebagai masker kemudian diamkan hingga 15 menit.

3. Menggunakan Bawang Putih

Sepertinya bawang putih memang sudah dikenal sebagai bahan untuk pengobatan. Bahkan bahan dapur ini sudah digunakan sejak berabad-abad lamanya. Di dalam bawang putih sendiri terdapat beberapa kandungan seperti antibakteri, anti virus, anti jamur serta antiseptik. Dan kandungan alicin yang ada di bawang putih juga efektif untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat di wajah. Kandungan ini akan membantu mengurangi peradangan atau pembengkakan pada kulit wajah. Bawang putih termasuk salah satu cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan dapur yang paling dikenal saat ini. Jadi jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa campurkan bawang putih dengan lidah buaya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Menggunakan Madu

Dan bahan alami terakhir yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat yang membandel adalah madu. Madu merupakan salah satu bahan alami yang mampu membuat kulit wajah tampak lebih bersih. Tapi untuk menggunakannya sendiri, Anda harus campurkan madu dengan kunyit atau bisa juga dengan kayu manis baru kemudian dioleskan ke kulit wajah yang terdapat bekas jerawatnya.

Jadi itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan dapur yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tertarik untuk mencoba salah satunya, tentu Anda harus menggunakannya dengan cara yang benar agar hasil yang didapatkan pun optimal. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar