Cara Menghilangkan Negatif Thinking

Cara Menghilangkan Negatif Thinking - Dewasa ini kita tahu bahwa isu kesehatan mental sedang banyak dibicarakan di mana-mana. Baik itu rasa gelisah, kekhawatiran, rasa tidak diterima, rasa tidak dihargai sampai pada pikiran - pikiran negatif atau negatif thinking yang selalu terjadi di malam hari ketika malam menjelang tidur. Seperti kita ketahui bahwa pikiran kita sendiri memang sulit untuk ditebak. Kadang kita tidak tahu, tiba - tiba saja pikiran negatif itu datang sehingga membuat diri kita menjadi down dan terpuruk saat itu juga. Maka dari itu, penting untuk tahu bagaimana caranya menghandle pikiran negatif yang sering menghantuimu. Berikut adalah ulasan singkat mengenai tips dan trik untuk menghilangkan negatif thinking untukmu.
Image Credit : Unsplash.com
Pertama, menjadi sadar akan apa yang kita pikirkan. Kamu harus mulai notice ketika pikiran - pikiran buruk dan negatif mulai membuatmu merasa gelisah, khawatir, atau sedih dan marah. Pahami perasaan-perasaan tersebut secara mendalam. Jika kamu ingin menangis, maka menangislah keluarkan semua kesedihanmu malam itu. Namun, ingat, jangan sampai berlarut-larut memahami perasaan yang muncul dari pikiran kita. Dengan begitu kita jauh lebih perhatian dengan diri kita sendiri dan menghargai setiap perasaan sentimentil yang kita alami hari itu dan hari kemudian.
Kedua, cobalah untuk membuat dirimu menjadi lebih sibuk. Hal ini bisa berguna untuk mengalihkan pikiran negatif yang selalu membuatmu merasa terpuruk. Kamu bisa melakukan apapun sendirian di rumah. Misalnya, membersihkan kamar mandi, cuci piring, atau menjemur baju. Lakukan apapun hal yang membuatmu tidak terdistract dengan pikiran negatif yang bisa mempengaruhi mood mu hari itu. Ingatlah, kita sendiri yang membuat perasaan itu mempengaruhi pikiran kita. Sehingga penting untuk kamu memfilter berbagai macam pikiran negatif. Kamu harus mulai belajar untuk mengontrol pikiran dan juga perasaanmu sendiri. Jangan biarkan hal-hal di luar diri kita mengontrol apa yang ada di dalam.
Ketiga, hindari pemicu yang membuat pikiran negatif itu terus berdatangan. Coba pikirkan hal-hal apa saja yang bisa membuat trigger pikiran negatif itu muncul. Apakah kamu kesal dengan orang-orang yang selalu membuang waktumu dan juga energimu. Atau apakah kamu tidak terlalu bisa ketika berada di tengah-tengah kerumunan? Kamu merasa tiba-tiba berkeringat dingin, pusing, bahkan seperti ingin berlari menjauhi kerumunan itu. Jika kamu sudah bisa membuat poin-poin hal apa saja yang membuatmu jadi berpikiran negative. Kamu bisa mulai untuk belajar menghindari itu semua. Cobalah untuk meminimalisir hal-hal yang membuat dirimu berpola pikir negatif.
Tarik nafas yang dalam dan beristirahatlah. Cobalah untuk membuat suasana sebelum malam menjelang tidur menjadi lebih tenang. Rasakan bahwa kamu sadar dengan mengambil nafas dalam dan mengeluarkannya. Kemudian kamu ingin beristirahat dengan tenang. Lepaskan semua beban perasaan marah, kekhawatiran, kegelisahan, rasa kesal dan lain sebagainya. Semua perasaan negatif itu bisa membuatmu kesulitan tidur dan mempengaruhi pikiran serta perasaan keesokan paginya. Sehingga penting untukmu mengambil alih pikiran sendiri dan jangan sampai dirimu disetir oleh pikiran-pikiran negatif tersebut.
Terakhir, namun bukan yang paling akhir, dengarkan musik yang membuatmu rileks. Kamu juga bisa mulai dengan melakukan meditasi 15-20 menit dengan mendengarkan musik yang tenang. Lakukan hal ini ini malam menjelang tidur dan keesokan paginya ketika matahari terbit. Kamu bisa merasakan cahaya pagi yang bersinar itu membuatmu jauh lebih segar. Bangunlah rasa mood yang baik sehingga apa yang kamu lakukan hari itu jauh lebih berarti.
LihatTutupKomentar