Cara Mengatasi Overthinking

Cara Mengatasi Overthinking - Masalah overthinking kerap kali di alami oleh kebanyakan orang. Overthinking sendiri merupakan suatu keadaan dimana seseorang cenderung merasakan kekhawatiran yang berlebihan terhadap sesuatu. Padahal sesuatu tersebut belum tentu terjadi. Jika terus dibiarkan, masalah overthinking bisa menjadi sesuatu yang serius dan mengganggu aktivitas sehari - hari. 
Image Credit : Unsplash.com
Nah, ketika kamu sedang mengalami masalah overthinking, ada kata - kata pengingat yang bisa kamu coba terapkan pada diri kamu.

"Focus on what you can control and accept on what you can't control"

Coba kamu pahami dan renungkan kata - kata tersebut. Kamu akan menyadari bahwa begitu banyak hal - hal yang sebenarnya tidak perlu kamu pikirkan. Ada hal yang memang bisa kamu kontrol, akan tetapi ada juga hal yang tidak bisa kamu kontrol sama sekali. Adapun hal yang bisa kamu kontrol seperti:

1. Emosimu

Emosi yang ada dalam diri kamu bisa kamu kontrol sendiri. Buatlah emosimu selalu stabil dan enjoy. Emosi yang tidak stabil akan cenderung membuat overthinkingmu bertambah parah. Untuk mengatasinya kamu bisa mendengarkan musik, relaksasi ataupun mengobrol dengan teman yang mana dapat menstabilkan emosimu

2. Perilakumu

Perilaku juga bisa kamu kontrol lho. Lakukan apa yang kamu mau selama itu baik bagi kamu dan orang - orang disekitarmu. 

3. Perkataanmu

Soal perkataan, kamu bisa berkata - kata apa saja yang kamu mau. Akan tetapi, sebaiknya berkata - katalah yang positif. Sebab, dengan berkata - kata yang positif akan membuat kamu lebih baik.

4. Usaha serta aktivitasmu

Overthinking tidak bisa dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengontrol usaha dan aktivitasmu. Penuhilah aktivitasmu dengan kegiatan positif yang tentunya bisa menghilangkan overthinkingmu
Kamu harus tahu betul mengenai hal - hal yang bisa kamu kontrol. Maksimalkan apa yang kamu punya dan bersikaplah tenang ketika masalah overthinking datang. Selain harus mengetahui hal yang bisa kamu kontrol kamu juga perlu untuk mengetahui hal yang tidak bisa kamu kontrol. Hal ini supaya kamu dapat berdamai dengan keadaan yang memang kamu tidak bisa mengontrolnya. 

1. Masa lalumu

Masal lalu bisa menjadi sesuatu yang sangat menyakitkan dan kamu sesali. Kamu ingin sekali pergi ke masa lalu untuk merubah segalanya, akan tetapi hal tersebut adalah sesuatu yang mustahil. Setiap orang pasti mempunyai kesalahan dan kegagalannya masing - masing. Cobalah kamu berdamai dengan masa lalumu, walaupun hal tersebut perlu memakan waktu.

2. Masa depanmu

Sama halnya dengan masa lalu, masa depan juga merupakan hal yang tidak bisa kamu kontrol. Daripada kamu sibuk menerka - nerka tentang masa depan yang membuatmu overthinking lebih baik kamu menjalani masa sekarang yang kamu lalui. Sebab dengan usaha yang kamu lakukan sekarang akan berdampak pada masa depan kamu

3. Penilaian orang lain terhadapmu

Kita tidak akan bisa mengubah perasaan dan penilaian orang lain terhadap kamu. Akan selalu ada orang yang bersebrangan paham denganmu. Kamu hanya akan membuang - buang waktu untuk sepaham dengan kamu. Jadi, dari pada mengikuti penilaian orang lain lebih baik melakukan hal - hal yang bermanfaat.

4. Kebahagiaan orang lain disekitarmu

Kamu tidak harus selalu membahagiakan orang lain disekitarmu. Cobalah untuk bersikap cuek dengan keadaan sekitarmu. Ketika kamu hanya fokus mengurusi kebahagiaan orang lain tanpa memperhatikan diri kamau sendiri yang ada malah membuat diri kamu lelah. 
Setelah paham dengan hal yang bisa kamu kontrol dan tidak bisa kamu kontrol kamu akan cenderung bersikap lebih bijak dan tenang ketika masalah overthingking datang. So, selamat tinggal overthinking.

LihatTutupKomentar