6 Cara Menata Taman Minimalis, Efektif Agar Terlihat Menarik

6 Cara Menata Taman Minimalis, Efektif Agar Terlihat Menarik - Sebuah rumah akan lebih terlihat asri saat dilengkapi dengan taman. Taman yang terletak di depan rumah membuat suasana terasa lebih sejuk. Cara menata taman minimalis sepertinya menarik untuk diulik. Secara garis besar keberadaan taman tergantung dengan selera masing-masing, begitupun mengenai penataannya.
cara menata halaman rumah sederhana
Photo by Pelargoniums for Europe on Unsplash
Untuk menata sebuah taman yang terlihat menarik, perlu memperhatikan berbagai hal. Baik dari dengan model bangunan, serta kesesuaiannya tanpa harus menghilangkan estetika dari fungsi sebuah taman itu sendiri. Namun jika memang kesulitan, beruntungnya dalam artikel ini akan coba dirangkum beberapa cara agar taman yang terletak di area terbatas menari dilihat:

1. Memanfaatkan Sudut dengan Maksimal

Cara menata taman minimalis dapat disiasati dengan mengoptimalkan penggunaan sudut taman. Cara ini berguna agar taman yang cenderung sempit bisa terlihat lebih lega. Namun tidak melupakan suasana keasrian taman itu sendiri. Taman minimalis, dapat ditambah dengan beberapa perlengkapan seperti hiasan batu alam, maupun kerikil warna-warni.

2. Memanfaatkan Pot Gantung Merupakan Solusi Tepat

Disebabkan lahan yang cukup terbatas, maka untuk menata taman minimalis bisa memanfaatkan penggunaan pot gantung. Selain menempatkan beberapa tumbuhan kecil sebagai hiasan, pot gantung juga akan mempercantik taman tanpa harus terlihat penuh. Pot gantung sangat efektif di letakkan di berbagai sudut. Bahkan tidak hanya untuk taman, penggunaan pot gantung juga dapat diaplikasikan di beberapa sudut lain seperti teras dan pagar. Ada banyak variasi pot yang ada di pasaran, pilih sesuai selera yang diinginkan.

3. Memberikan Batasan dengan Benar

Penempatan pembatas juga perlu diperhatikan. Teknik pembatasan ini biasa disebut juga Edging. Pada umumnya, bahan dari pembuatan edging ini sendiri berbentuk material padat. Bisa menggunakan batu, bata maupun semen yang dihias sedemikian rupa agar menarik. Penerapan teknik edging ini akan memperjelas pembatasan sehingga terkesan lebih tertata dan terlihat rapi.

4. Memilih Tanaman yang Sesuai

Cara menata taman minimalis akan terlihat lebih menarik meskipun berada di lahan sempit dengan memanfaatkan jenis tanaman yang tepat. Menyusun beberapa tanaman hias yang berbeda mampu memberikan warna tersendiri. Seperti bunga azalea, bunga sepatu, ataupun tanaman hias lain seperti kucai mini. Usahakan untuk tidak memilih tanaman yang tingginya lebih dari 15 cm.

5. Membuat Taman Vertikal Seunik Mungkin

Meskipun lahan untuk menata taman minimalis sangat terbatas, namun hal ini dapat disiasati dengan membuat vertical garden. Vertical garden adalah solusi tepat untuk membuat taman terlihat unik. Tehnik ini menerapkan model vertikal yang kerap menempel di pagar maupun dinding taman rumah. Sekilas, tanaman yang terletak di area ini bisa dilihat dengan jelas tanpa memakan banyak tempat.

6. Menambahkan Pencahayaan Sesuai Kebutuhan

Taman akan semakin berkesan kala seseorang menambahkan pencahayaan yang baik. Baik disini maksudnya cahaya lampu yang disinarkan tidak terlalu terang serta tidak juga redup. Faktanya pencahayaan ini memiliki pengaruh yang cukup besar pada tampilan taman rumah.

Cara menata taman minimalis yakni dengan memberikan lampu pijar di beberapa titik strategis. Selain mempercantik taman di malam hari, tampilan taman dengan lampu akan memberikan ilusi luas di taman rumah yang minimalis.

Fakta membuktikan, memiliki taman di rumah memberikan relaksasi pada si pemilik rumah. Selain menambah suasana sejuk di sekitar rumah, adanya taman juga akan memperindah tampilan rumah secara keseluruhan. Itulah beberapa tahapan cara menata taman minimalis yang mungkin bisa menjadi referensi bagi pembaca semua.

LihatTutupKomentar