Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat Dan Keutamaannya Yang Wajib Diketahui

Niat Puasa Senin Kamis Beserta Manfaat Dan Keutamaannya Yang Wajib Diketahui - Apakah Anda sering mengerjakan ibadah sunnah puasa Senin Kamis? Jika iya, pasti Anda sudah tahu seperti apa niat puasa Senin Kamis beserta manfaat dan keutamaannya. Tapi bagi yang belum pernah menjalankannya, maka Anda harus tahu jika puasa senin kamis yang dijalankan secara rutin dapat memberikan banyak manfaat. 
Image Credit : Unsplash.com
Sebagai informasi, berpuasa sunnah Senin Kamis juga sering dikerjakan oleh Rasulullah dan bahkan menjadi puasa yang dianjurkan. Jika Anda ingin mencobanya, tentu Anda harus mengetahui seperti apa niat dari puasa sunnah ini. Jadi bacaan untuk puasa Senin Kamis ada dua,jadi niat untuk berpuasa di hari senin dan berpuasa di hari Kamis untuk berbeda. Tapi meskipun begitu, keduanya memiliki kesatuan yang utuh.

Niat Puasa Senin Kamis Yang Wajib Anda Ketahui

Sebelum mengetahui niat puasa Senin Kamis beserta manfaat dan keutamaannya, Anda harus tahu jika ternyata berpuasa di hari senin memiliki niat khusus begitu pun berpuasa di hari kamis. Sedangkan tata cara membaca niat berpuasa juga fleksibel karena bisa dibaca di hari Senin dan bisa pula dibaca di hari Selasa selama muslim yang ingin berpuasa belum makan, minum atau mengerjakan hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Adapun untuk bacaan niat berpuasa adalah sebagai berikut:

Niat Berpuasa di hari Senin :

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aala

Artinya, “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala”

Niat Berpuasa di Hari Kamis :

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aala

Artinya, “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala”

Beberapa Manfaat Yang Didapatkan Setelah Berpuasa Senin Kamis

Selain niat puasa, Anda juga tentu harus mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan setelah berpuasa di hari Senin dan Kamis. Karena niat puasa Senin Kamis beserta manfaat dan keutamaannya penting untuk diketahui dan dipahami sebelum benar-benar menjalankannya. Untuk itu, setelah mengetahui niat berpuasa, Anda juga harus tahu apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh setelah berpuasa:

1. Lebih Sehat

Manfaat pertama adalah tubuh menjadi lebih sehat. Anda harus tahu jika dengan berpuasa, tubuh jadi lebih sehat dan ini sudah dibuktikan kebenarannya. Dengan rutin menjalankan ibadah puasa, sistem pencernaan menjadi lebih lancar dan sehat. Tidak hanya it, berpuasa juga melatih kecerdasan emosional jadi Anda bisa mengontrol diri dengan lebih baik serta tidak mudah terkena depresi.

2. Menguatkan Jiwa

Selain itu, puasa juga ternyata dapat membuat jiwa menjadi lebih kuat. Menjalankan puasa baik itu puasa wajib ataupun sunnah bisa memberikan pengaruh untuk kondisi kejiwaan seorang manusia.

3. Menurunkan Berat Badan

Dan terakhir, berpuasa bisa membantu menurunkan berat badan. Jadi untuk Anda yang ingin memiliki tubuh ideal tapi tidak ingin melakukan diet yang menyiksa, maka salah satu metode yang dapat Anda gunakan adalah dengan berpuasa. Karena dengan berpuasa, Anda tentu akan mendapatkan sugesti untuk menerapkan pola hidup lebih sehat.

Keutamaan Jika Rutin Berpuasa Senin Kamis

Berbicara tentang puasa Senin Kamis, tidak hanya beragam manfaat saja yang akan Anda dapatkan tapi juga keutamaan di dalamnya. Salah satunya adalah akan diangkat semua amalan yang dilakukan pada saat berpuasa Senin Kamis seperti yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah. Selain itu, dengan berpuasa, orang-orang yang menjalankannya mendapatkan tempat istimewa di akhirat karena nanti ada pintu bernama Ar-Rayan dimana pintu ini adalah pintu menuju surga dan hanya orang-orang yang gemar menjalankan ibadah puasa saja yang bisa mendapatkan keistimewaan ini.
    
Jadi itulah niat puasa Senin Kamis beserta manfaat dan keutamaannya yang wajib Anda ketahui. Berpuasa memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan terutama dalam sisi kesehatan. Berpuasa bisa membantu meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kekebalan tubuh bahkan membuat kulit menjadi lebih bersih. Anda bisa jalankan ibadah ini secara rutin dan jangan lupa hafalkan dan lafalkan dulu niatnya.
LihatTutupKomentar