Tips Tetap Produktif Saat Pandemi

Tips Tetap Produktif Saat Pandemi - Seperti yang terjadi saat ini, masa pandemi membuat kita terpaksa untuk selalu berada di rumah dengan ruang gerak yang terbatas. Untuk kamu yang dituntut harus selalu tetap produktif karena pekerjaan maupun sekolah, jangan khawatir karena kamu tidak sendirian. Ada banyak orang di luar sana yang juga merasakan titik jenuh yang teramat sangat dengan adanya wabah pandemi saat ini. Kita tidak pernah tahu kapan pandemi ini akan pulih kembali.
Image Credit : Pexels.com
Bahkan beberapa kota melakukan lockdown total kembali karena adanya peningkatan clutser baru di beberapa tempat. Sehingga kita dipaksa untuk berada di rumah lebih lama lagi ditengah kondisi kesehatan mental yang kian memburuk. Untuk kamu yang merasa burnout, stres dan semua pikiran negatif lainnya. Kamu bisa coba beberapa tips di bawah ini untuk membuat aktivitas berada di rumah jauh lebih efektif dan produktif.

1. Membuat Time Table. 

Berada di rumah membuat jadwal keseharian kita menjadi kacau. Tidak jarang hal ini membuat kita lupa dengan berbagai deadline pekerjaan dan tugas sekolah. Sehingga kita tidak bisa maksimal dalam mengerjakan sesuatu. Maka dari itu, penting untuk kamu yang memiliki aktivitas untuk pembuatan time table sehingga semua deadline baik pekerjaan maupun tugas dapat dikerjakan tanpa terlewat.

2. Membuat Workspace yang Nyaman dan Jauh dari Gangguan. 

Kamu bisa mulai dengan rajin-rajin membersihkan meja kerjamu agar suasana ketika sedang bekerja jauh lebih menyenangkan. Kondisi ruang bekerja yang yang berantakan akan mempengaruhi pikiran dan jiwa. Maka penting untuk memperhatikan meja kerjamu agar tetap rapi dan bersih. Kamu juga bisa memindahkan meja kerjamu di tempat yang yang terpapar sinar matahari dan memiliki sirkulasi udara cara yang baik. Sehingga ketika kamu sedang bekerja nanti suasana di lingkungan sekitar mendukung daya imajinasi dan kreatifitas mu untuk bekerja lebih baik lagi.

3. Membuat To Do List. 

Hal ini bisa mempermudah kamu untuk mengingat semua pekerjaan dan aktivitas yang harus kamu lakukan sesuai dengan jadwal masing-masing dari pagi sampai menjelang tidur. Pastikan kamu tidak melewatkan satu rutinitas yang penting seperti di meeting kantor atau tugas sekolah yang harus diupload ke google classroom.

4. Berpakaian Rapi Meskipun Berada di Rumah. 

Bagaimana kita berpenampilan ketika sedang bekerja maupun sekolah dapat mempengaruhi perasaan kita saat itu. Jika kamu bangun pada pagi hari dengan menggunakan piyama dan kamu masih bekerja dengan pakaian yang sama hal itu bisa membuatmu suasana hatimu juga akan terasa sama.
Kemudian jangan lupa untuk mengambil jeda waktu untuk istirahat. Kamu bisa mainkan playlist musik favoritmu. Tentu saja dengan adanya alunan musik yang menyenangkan hormon dan juga otakmu akan sedikit beristirahat dan mengembalikan energimu untuk bisa lanjut bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

5. Berolahraga.

Meskipun kamu disibukkan dengan berbagai pekerjaan selama di rumah jangan lupa untuk melakukan olahraga. Setidaknya setiap bangun pagi lakukan beberapa gerakan stretching seperti push up sebanyak 10 kali agar sirkulasi darah dalam tubuhmu bisa berjalan dengan baik. Hal ini akan mempengaruhi produktivitas selama bekerja.

5. Makan - Makanan Sehat.

Di samping harus tetap bekerja dan berolahraga jangan lupa untuk makan makanan yang sehat. Tidak hanya untuk memperkuat imun tubuh namun juga untuk membuat suasana hati selama berada di rumah tetap terjaga dengan baik. Seperti kita tahu bekerja atau sekolah di rumah selama lebih dari setahun ini membuat kita benar-benar merasa bosan. Maka kamu bisa memberi apresiasi kepada dirimu dengan makan makanan yang mengandung gula sesekali.

6. Menikmati Alam

Pergilah ke luar untuk melihat suasana alam atau pepohonan hijau sambil mengambil nafas dalam-dalam. Hal ini akan membuatmu menjadi jauh lebih tenang sehingga kondisi fisik dan psikologi dapat tetap seimbang sebagaimana mestinya. Meskipun keadaan memaksa kita untuk bekerja dibawah tuntutan yang sama Ddlam kondisi yang tidak memungkinkan. Selamat mencoba!
LihatTutupKomentar